Plazapos.com “Konversi Ancaman Menjadi Teman”
sumber gambar : google
Digital Media
saat ini nampaknya nggak cuma sekedar “invasi”
aja deh namun juga udah semakin membumi khususnya dengan karakteristik konsumen
dan nggak hanya itu bahkan Digital Media juga semakin erat kaitannya dengan
bisnisnya itu sendiri, dengan demikian bisnis yang sudah dibangun sejak lama
mau nggak mau yang harus menyesuaikan diri dengan yang nama Digital Media kalo
mau bertahan atau bersaing dengan pesaing lama maupun baru.
Kalo ngomongin mengenai
bagaimana Digital Media bisa mempengaruhi jalannya sebuah bisnis, nah mungkin
tulisan yang kali ini akan saya bahas memberikan sedikit gambaran. Adalah PT.
POS yang kita ketahui sebagai sebuah unit usaha milik negara yang sebelumnya
bergerak dalam bidang jasa pengiriman surat (post service), sampai pada akhirnya perkembangan teknologi dan
sistem informasi seperti short message service (sms) dan email menjadi ancaman
popularitas aktifitas surat menyurat menjadi kurang populer karena dinilai
kurang praktis dan lama dibandingkan media-media tersebut, apalagi saat ini
social media semakin membengkak hari demi harinya.
Nah yang ingin
saya bahas disini sebenarnya lebih pada pengamatan saya mengenai bagaimana PT.
POS mengkonversi ancaman dari Digital Media (online) menjadi sebuah unit bisnis baru yang tentunya sudah
disesuaikan dan dikombinasikan menjadi sebuah inovasi yang menurut saya cukup
cerdas, apakah itu? adalah plazapos.com sebuah online marketplace (e-commerce). Plazapos mengklaim sebagai
satu-satunya online marketplace (e-commerce)
yang mengintegrasikan antara collecting dan delivery dalam satu pintu, wah
menarik bukan? penasaran? langsung aja gan monggo dibaca.
1. Konversi Ancaman Menjadi Teman
Menurut saya
plazapos.com merupakan sebuah upaya dari PT. POS dalam melihat Digital Media (online) bukan sebagai ancaman namun
sebagai sebuah solusi baru, buktinya kalo boleh dibilang sebagai sebuah bagian
dari unit bisnis baru plazapos.com ini bisa dibilang sebagai sebuah terobosan
yang cukup unik dan cerdas. Nah mungkin disini hikmah yang bisa kita ambil
adalah dibalik sebuah ancaman tentunya ada sebuah peluang besar yang bisa kita
manfaatkan, plazapos.com merupakan salah satu bukti PT. POS dalam memanfaatkan
potensi yang diberikan Digital Media (online).
2. Menyesuaikan Diri Dengan “Zaman”
Point kedua yang
bisa kita kutip adalah jika kita ingin bertahan dalam berbisnis salah satu
upaya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan diri dengan perkembangan “zaman”, dimana konteks zaman dalam hal
ini meliputi perubahan sosial, kebiasaan, hingga perkembangan teknologi dan
sistem informasi. Konteks menyesuaikan disini bisa berupa penyesuaian pola
berbisnis, penyesuaian platform bisnis, penyesuaian pola promosi, atau
penyesuaian produk dengan karakter dan kebiasaan dari konsumen yang juga ikut
berubah seiring dengan perkembangan zaman.
3. Differensiasi Menjadi Kunci
Differensiasi
juga menjadi kunci utama yang harus diperhatikan ketika saat kita hendak
mengembangankan sebuah bisnis yang benar-benar baru atau menyesuaikan bisnis
lama kedalam pola yang baru, hal ini tentunya untuk menjadi kunci kemenangan
persaingan dengan kompetitor yang tentunya semakin banyak dan semakin
bervariasi, dengan demikian differensiasi ini menjadikan bisnis kita unik.
Salah satunya adalah plazapos.com yang menawarkan konsep collect and delivery
dalam satu service dan menyajikan produk-produk yang memiliki nilai heritage
sebagai core product diluar secondary product yang didominasi produk-produk
yang lebih umum. Dua hal itulah yang saya nilai menjadi nilai tambah bagi
plazapos.com dalam bersaing dengan online marketplace yang sudah bermunculan
sebelumnya.
4. Kombinasi Dengan Core Bisnis
Penyesuaian bukan
berarti harus sesuatu yang baru atau merombak total bisnis kita, namun juga
bagaimana kita bisa mengkombinasikan hal baru atau penyesuaian tersebut dengan
core competence yang dimiliki bisnis kita, contohnya adalah PT. POS yang
memiliki core competence dalam bisnis pengiriman barang (pos) didukung dengan lokasi pos merchant diseluruh Indonesia
dikombinasikan dengan online marketplace plazapos.com dimana PT. POS
memberikans service kepada konsumen tidak hanya dalam faktor collect produk
saja namun juga pengiriman barang (free
shipment service), wow tentunya ini menjadi nilai plus bagi konsumen karena
bisa mencari barang, melakukan pembayaran, dan pengiriman barang sekaligus
dalam satu portal sehingga lebih praktis. (dira.illanoor – 2013)