Kuliah? BSI Aja
sumber gambar : http://us.images.detik.com/customthumb/2013/05/15/10/rezasrimulyadiyoutubed.jpg?w=460
Ada yang ingat
dengan tagline “mau kuliah? di BSI aja”?
saya kira kemungkinan besar anda mengenal tagline tersebut, yup itulah tagline
yang di usung oleh BSI dalam menjaring calon mahasiswa. Menurut saya pribadi
sekilas kalo cuma dengerin taglinenya tersebut rasanya biasa aja dan nggak ada
yang special, bener nggak? nah akan lain cerita kalo kita liat iklan televisi
yang diantaranya menggunakan sosok orang penting versi “KW” he4, ngerti kan
maksud saya? yup adalah sosok Barack Obama orang no 1 di Amerika Serikat dan
Jokowi Dodo orang no satu di Jakarta, persamaannya apa? yang pasti keduanya
merupakan sosok yang cukup dikenal banyak orang.
Nah menariknya
BSI ini menggunakan sosok Barack Obama dan Jokowi Dodo versi KW super yang
menurut saya sangat kreatif dan cerdas, kenapa? pertama pastinya sudah saya
jelaskan tadi sosok tersebut dikenal banyak orang walaupun KW saya kira akan
cepat orang mengenali, kedua karena KWnya itu menjadi daya tarik bagi penonton
karena dinilai lucu, apa benang merah dari kedua hal tersebut? tentunya jika
dihubungkan dengan iklan BSI orang akan mudah mengingat iklan tersebut karena
diasosiasikan dengan sosok terkenal walaupun KW, asumsi saya kalo orang inget
sosok Barack Obama dan Jokowi Dodo kemungkinan bisa ada peluang terasosiasi
kepada Brand BSI, karena kelucuan dan keunikan yang sangat cepat diingat oleh
masyarakat.
1. Nyeleneh Dengan Keluar Dari Kebiasaan
Point pertama
yang menjadi perhatian adalah nyeleneh dengan keluar dari kebiasaan kebanyakan
instansi pendidikan yang beriklan TVC, coba deh kalo diperhatikan biasanya sebuah instansi pendidikan yang
beriklan kemungkinan besar akan berbau direct sales, biasanya mereka aka promo
program studi yang dimiliki, fasilitas-fasilitas yang dimiliki, testimonial
siswa atau alumni yang dinilai sukses, hingga janji-janji yang dijadiin seabrek
value untuk konsumen seperti jaminan langsung kerja begitu lulus, atau bonus
laptop untuk pendaftar pertama, tertarik? He4 mungkin bisa ya bisa juga tidak,
namun bukan itu intinya, disini saya lebih menekankan pada bagaimana BSI keluar
dari kebiasaan dengan membuat iklan TVC yang kreatif dan lucu ya contohnya
dengan menggunakan jasa endosres Jokowi KW super yang memberikan testimonial “untuk mengatasi kemacetan ibu kota ya salah
satunya harus kuliah di BSI yang kampusnya ada di mana-mana”, bayangkan
materi promonya cuma kuliah di BSI aja, diluar itu nggak ada materi lain
tentang fasilitas dan janji-janji lainnya.
2. Kebiasaan Yang Jadi Word Of Mouth
Nah kalo liat
iklan BSI yang versi Jokowi KW apakah anda tertarik? well belum tentu juga
orang tertarik, bisa jadi karena nggak ada value yang ditawarkan selain humor
membuat sebagain orang bingung. Nah kalo kita coba lihat dari sisi yang
berbeda, iklan yang lucu ini menjadi hiburan bagi sebagain orang karena dinilai
lucu dan kreatif banget, artinya iklan itu sudah menjadi sebuah emotional
experience bagi yang liat karena kelucuannya, dan dari kelucuan itu bisa
menjadi tool word of mouth yang powerfull karena orang pada dasarnya seneng
banget yang namannya berbagi apalagi kalo kontennya nyeleneh, unik, dan lucu,
laris manis deh dipasaran. Word of mouth ini semakin memperkuat positioning BSI
di benak konsumen sebagai salah satu kampus yang wajib dijadikan pilihan oleh
calon mahasiswa yang pengen sukses.
3. Konsisten Dengan Tagline
Positioning yang
ingin dibangun BSI mungkin menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang
ingin berkuliah dan sukses dikemudian hari, dan hal ini dokumunikasikan melalui
tagline “mau kuliah? di BSI aja?”
yang saya nilai dilakukan secara konsisten dalam berbagai media komunikasi
salah satunya yah iklan TVC tadi, coba perhatikan di setiap iklan BSI nggak
cuma versi yang Jokowi dan Barack Obama KW biasanya ada yang mengucapkan
tagline tersebut dan di akhir iklan TVC dimunculkan tagline tersebut kembali
berikut logonya BSI, nah konsistensi ini saya nilai menjadi nilai tambah bagi
BSI dalam memperkuat positioningnya sebagai sebuah instansi pendidikan,
orang-orang dengan cepat akan terasosiasi pada BSI jika mendengar tagline
tersebut. (dira.illanoor – 2013)