Lomba Avatar ARB Berhadiah 120 Juta!
sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6iuhT1lA25_NH_jftYQFIg_DFIsZgnL-0KV4vzKFnPa2DHYP2bt-uRRv5IOktAn7KYD4nwEi_lIQgL1e1U3aXxT-858CwB-nKpxu-qOiVYV9P54D1ejHAY4zjQWmKJ8D56TwV2ULzPIgP/s400/Lombah+Avatar+ARB.png
Ampun ampe bosen deh saya he4,
perasaan baru kemarin bahas mengenai perang public campaign cagub dan cawagub
sang ibu kota Jakarta juga mengenai icon campaign sang cawalkot kota kembang
Bandung, dan perasaan baru kemaren juga saya nulis tentang sosok sang presiden
yang tiba-tiba nyapa lewat twitter! Well emang udah jodoh kali yah empat kali
kudu nulis tentang kampanye politik di ranah online media, kenapa? soalnya baru
aja saya nemu fenomena baru yang sangat disayangkan kalo nggak di bahas di
sini. Wah jangan-jangan saya cocok nih jadi analyst politik? ha4 nggak banget.
Nah sekiranya apa isu menarik yang akan dibahas di
tulisan kali ini? adalah kampanye lomba avatar ARB a.k.a Aburizal Bakrie yang
katanya mau mencalokan diri jadi orang nomer wahid di Indonesia tahun depan,
nah mungkin beliau nggak mau kalah sama walikota, gubernur, dan bapak presiden
sendiri yang cukup gencar muncul namanya di social media, dan demi untuk
persiapan menuju kemenangan pemilu Presiden segala sesuatunya dipersiapkan
dengan matang, adalah Lomba Avatar ARB berhadiah uang tunai senilai 120 Juta!.
Wow baca iklannya aja roman-romannya bakalan jadi W.O.W
di masyarakat, iya dong hadiahnya gede mana lomba ini juga diiklanin di tivi
sang juragan lagi he4, dan kalo berhasil W.O.W tahap pertama berhasil, saatnya
kita mempersiapkan tahap kedua. Apakah itu? mau tau he4 silahkan baca saja yah,
oh ya sebelumnya kembali saya tekankan dalam tulisan ini tidak ada maksud untuk
mendukung pihak atau sosok tertentu, begitupun tidak ada tujuan untuk
menjelek-jelekan, yang ada adalah menjadikan fenomena ini menjadi insight
tulisan yang menarik untuk dibaca bersama bersama teh manis panas di sore hari
yang cerah.
1.
Lirik
Netizen
Point
yang satu ini nampaknya nggak akan dibahas panjang lebar, soalnya sudah jelas
bahwa angka 60 juta online user di Indonesia menjadi sebuah acuan awal mengenai
fenomena ini. Pentingkah? untuk sebuah aktifitas kampanye publik tentunya
sangat penting, karena jika kita bisa memaksimalkan angka 60 juta tersebut
artinya 25% populasi di Indonesia sudah kita cover, belum lagi asumsi kalo
viral yang dibuat berhasil dijalankan persentase bisa naik beberapa persen
tentunya.
2.
Ajang
Cari Dukungan
Program
ini saya nilai juga sebagai ajang cari dukungan secara tidak langsung? kenapa?
kalo cek regulasi lomba yang dishare di berbagai media mulai dari tv, media
online, social media, dan forum-forum ini, ada beberapa hal yang menjadi
prasyarat lomba diantaranya adalah like facebook Atap Rumah Bangsa, add pin BB
panitia, hingga setiap design avatar yang dibuat didalamnya harus dicantumkan
wording facebook.com/icalbakrie. Nah mau namanya syarat atau regulasi ini
secara tidak langsung juga sebagai ajang pencarian dukungan dong, setuju? jadi
sebelum kampanye dimulai cari dukungan dulu sebanyak mungkin biar kampanyenya
nanti cetar membahana badai he4.
3.
Ajakan
“halus” passive campaign
Nah
kalo dalam tulisan saya sebelumnya mengenai icon campaign sang cawalkot yang
nyasar netizen di social media (twitter)
dengan ajakan pasif melalui icon untuk display profile, nah ARB juga nggak mau
kalah pastinya. Dan salah satu rule lomba yang dicantumkan adalah peserta wajib
memasang avatar buatannya di display picture blackberry selama periode voting
icon avatar. Muncul pertanyaan gimana ngeceknya yah? lha kan peserta lomba
wajib temenan sama panitia penyelenggara, ha4 cerdas kan?
4.
Viral
Oh Viral
Viral
o viral dimana dirimu, lho koq he4 balik ke pembahasan disini pemenang dipiih berdasarkan
hasil vote paling banyak selama periode lomba, sudah bisa dibaca kan votenya
gimana dan dimana? nah karena sudah
jelas saya akan langsung bahas saja mengenai efek viral yang dihasilkan oleh
program ini, pertama adalah viral dari avatar yang di pasang di display picture
blackberry oleh para peserta, dan kedua viral melalui aktifitas voting avatar
yang dilakukan, tentunya peserta nggak mau kalah dong dan berlomba-lomba ajak
temen-temen di facebooknya kalo perlu di kampung untuk pada milih demi hadiah
120 Juta!. (dira.illanoor – 2013)