Jambi Cyber Park
Beberapa
hari lalu dikarenakan tuntutan pekerjaan saya berkesempatan pergi ke Kota Jambi
dimana di sana juga secara kebetulan saya menemukan sebuah fenomena menarik
yang menurut saya pribadi cukup menarik untuk di bahas karena sepengetahuan
saya pribadi hal ini tidak saya temui di Kota kelahiran saya, nah fenomena yang
saya maksudkan adalah “Jambi Cyber Park” sebuah kawasan nyaman dengan fasilitas
internet gratis (free hot spot).
Oke
singkat cerita setelah seharian berkeliling Kota Jambi untuk aktifitas riset
saya di ajak oleh teman saya yang memang orang jambi untuk beristirahat sejenak
di sebuah tempat yang dinamakan “Jambi
Cyber Park”. Mendengar kata Cyber Park otak saya langsung terasosiasi
kepada sebuah tempat yang didukung oleh fasilitas teknologi informasi (internet based), dan ternyata memang
benar apa yang saya pikirkan disini masyarakat bisa dengan gratis menikmati
fasilitas internet gratis yang di provide oleh Speedy.
Setelah
saya telusuri sedikit, Jambi Cyber Park ini memang inisiasi dari Brand Speedy
sub bisis dari Telkom yang menyediakan sebuah kawasan Cyber dimana disediakan
akses internet (hot spot) gratis bagi
siapa saja yang datang ke Jambi Cyber park ini. Hari gini kapan lagi ada akses
internet gratisan? kalo pun ke kafe & resto sedikitnya kita harus keluarin
modal untuk sekedar beli minum ato makanan, kalo pun ada yang gratisan biasanya
sih tempatnya kurang nyaman. Nah melalui artikel ini saya ingin membahas
mengenai 4 hal positif yang telah dilakukan oleh Speedy dengan adanya Jambi
Cyber Park ini, langsung saja kita bahas yah.
1. Branding
Program
Jambi Cyber Park ini saya kira merupakan media branding yang sangat baik
terlepas dari objektif yang ditetapkan. Jambi Cyber Park ini banyak didatangi
tidak hanya oleh kalangan anak muda saja namun juga kalangan orang tua yang
memang hanya ingin sekedar beristirahat atau memang membutuhkan akses internet,
nah benang merahnya saya nilai orang-orang yang datang ke Jambi Cyber Park ini
merupakan market potensial bagi Speedy karena notabene mereka sudah “melek” teknologi dan “user” dalam hal ini membutuhkan akses
internet, sehingga program branding melalui Jambi Cyber Park ini sudah menyasar
target market yang tepat.
2. Selling
Untuk
apa melakukan aktifitas Branding jor-jor’an kalo nggak menghasilkan selling
sama sekali? setuju? nah di satu area saya menemukan terdapat satu spot khusus
di mana terdapat sebuah area mirip outlet counter handphone dimana di sana di
pajang dan dijual produk Speedy dan Telkom secara langsung, ditujukan bagi
pengunjung Jambi Cyber Park yang memang tertarik untuk membeli produk Speedy.
3. Grab Community
Community
merupakan bagian penting dari sebuah brand itu sendiri karena mereka secara
tidak langsung merupakan konsumen kita, sehingga kita harus membangun
enggagement dengan konsumen sehingga terbangun hubungan kerjasama simbiosi
mutualisme yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam hal ini saya
nilai Jambi Cyber Park ini merupakan media offline yang cukup bagus dalam
membangun enggagement dengan konsumen, nah akan lebih baik jika Speedy atau
Telkom menyelenggarakan sebuah aktifitas yang melibatkan konsumen untuk
terlibat lebih jauh.
4. CSR Program
Selain
aktifitas Branding, Selling, dan Grabbing Community Jambi Cyber Park ini saya
nilai sebagai bagian dari program CSR (Corporat Social Responsibilty), dimana
Speedy bersama Telkom memprovide sebuah area khusus yang menyediakan akses
internet (hot spot) gratis untuk masyarakat. Hal ini merupakan sebuah upaya
edukasi untuk melek teknologi informasi tentu saja dalam ranah dan konteks
penggunaan secara bijaksana dan bertanggung jawab (dira.illanoor - 2013)
Komentar
Posting Komentar