Spectrum - Branding Lewat Mural
sumber gambar : dokumentasi pribadi
Minggu kemarin kebetulan saya
jalan-jalan ke kawasan Car Free Day Ir. H Djuanda ato yang lebih dikenal dengan
kawasan Dago oleh orang Bandung. Nah kawasan Car Free Day yang setiap minggunya
dipenuhi oleh orang-orang yang memang hanya sekedar olahraga ringan dengan
berjalan kaki atau bersepeda, atau mungkin terdapat sebagian orang menganggap
kawasan Car Free Day merupakan ladang bisnis untuk meraup untung, hingga
aktifitas-aktifitas lainnya yang terkadang membuat saya amaze bahkan tertawa. Nah
ngobrolin aktifitas di Car Free Day, minggu lalu kebetulan saya menemukan
sebuah activity yang menurut saya pribadi dinilai cukup menarik. Aktifitas
tersebut merupakan sebuah brand activation mural yang diselenggarakan oleh
sebuah merk cat “Spectrum”, nah ngomongin benang merah antara cat dan mural
sudah pasti kita semua bisa menarik benang merah, namun melalui tulisan ini
saya hanya ingin berbagi sedikit penialian saya mengenai point-point positif
dari aktifitas mural yang diselenggarakan oleh merk tersebut.
1.
Branding
= Soft Selling
Point pertama
yang harus diperhatikan adalah, dalam sebuah aktifitas branding akan lebih baik
jika dikemas secara soft selling dibandingkan secara hard selling. Kenapa?
karena jika langsung dikemas secara hard selling kemungkinan besar sebuah merk
akan menghadapi barrier resistance dari benak konsumen yang kini semakin
pintar. Berbeda jika pendekatan yang dilakukan lebih soft selling, seperti konsep
mural yang ditawarkan oleh Spectrum yang saya nilai lebih bisa diterima oleh
pengunjung Car Free Day (target market)
karena lebih menekankan pada faktor emotional experience. Memang terkadang
beberapa merk salah satunya produk Fast Moving Consumer Good (FMCG) yang
terkadang menggabungkan kedua hal tersebut untuk menghasilkan penjualan, namun
untuk beberapa kategori produk salah satunya yang saya temui di Car Free Day
ini mural merupakan aktifitas yang cukup positif sebagai media promosi dan
branding.
2.
Interaction
With Costumer
Good Impact
lainnya dari activity mural ini adalah adanya interaksi dengan pengunjung Car
Free Day yang secara tidak langsung juga merupakan target market dari Spectrum.
Interaksi ini ditunjukan dalam bentuk adanya partisipasi dari pengunjung di
kawasan Car Free Day yang hanya sekedar melihat aktifitas mural yang dilakukan
oleh Spectrum, atau hanya sekedar berfoto di media mural, bahkan hingga melibatkan
diri dalam aktifitas mural yang diselenggarakan. Interaksi yang terjalin ini
sudah pasti menjadi nilai positif bagi sebuah merk, karena sudah merangkul
konsumen menjadi bagian dari sebuah activity yang dilakukan sebuah merk.
3.
Emotional
Experience Touch
Nah selain
interaksi yang terbangun antara Spectrum dengan pengunjung Car Free Day, point
penting lainnya adalah adanya emotional touch yang diberikan dalam hal ini
adalah para pengunjung diajak untuk berpartisipasi dalam aktifitas mural, yang saya
nilai secara tidak langsung memberikan nilai emotional experience kepada mereka
khususnya momentum saat menggunakan cat Spectrum.
4.
Grab
Community
Seperti yang
sudah saya sebutkan sebelumnya, dalam brand activation mural tersebut Spectrum
menggandeng komunitas Preman Urban. Preman Urban yang memiliki arti Perkumpulan
Seniman Urang Bandung ini terbentuk dari kesamaan hobi yang dimiliki (graffiti, mural, stencil, wheat paste, atau
street art lainnya). Aktifitas grab community ini seringkali di lakukan
oleh beberapa merk, tujuannya selain membangun enggagement dengan komunitas
tersebut sudah pasti juga ditujukan untuk aktifitas branding. Kenapa penting
membangun enggagement dengan komunitas-komunitas yang khususnya memiliki
kesamaan atau terdapat benang merah dengan produk kita? karena selain komunitas
tersebut merupakan bagian dari kita, mereka juga bisa menjadi bagian dari
penjualan secara tidak langsung dengan menjadi referal menjadi brand ambasador.
5.
Connected
To Social Media
Banyak pengunjung
yang antusias dengan kegiatan mural yang diselenggarakan ini, banyak juga
pengunjung yang berpartisipasi hanya sekedar berfoto di media mural yang
disediakan. Nah kedua point tersebut juga dimanfaatkan dengan baik oleh
Spectrum untuk aktifitas branding, dimana pengunjung yang berfoto di ajak
berpartisipasi untuk share (berbagi) foto momentum mereka dengan media mural
kepada jejaring Social Media (Facebook
& Twitter) milik Spectrum, dengan demikian konsumen lain yang tidak
berkesempatan hadir di kawasan Car Free Day untuk menyaksikan secara langsung
aktifitas mural ini diberikan kesempatan untuk melihatnya melalui foto-foto
yang sudah di share. (dira illanoor - 2012)
Komentar
Posting Komentar