Strategi Gerilya - Location Based Advertising
sumber gambar : google
Ada yang tau Location Based
Advertising (L.B.A)? kayaknya kita khususnya sebagai salah satu pengguna
provider dalam kondisi-kondisi tertentu pernah mendapatkan sms dengan nomer
khusus yang pada intinya konten dari sms tersebut merupakan informasi yang sedikit
banyaknya merupakan konten promosi, misalkan saat kita berada di kawasan
bandara atau di kawasan mall tiba-tiba kita mendapatkan sms yang isinya promosi
diskon potongan harga ataupun informasi-informasi lainnya yang secara general
biasanya iklan-iklan promosi. Nah ngobrolin Location Based Advertising melalui
tulisan ini saya hanya ingin sedikit berbagi mengenai point-point apa saja yang
harus kita perhatikan jika akan bergerilya melalui Location Based Advertising.
·
Spesific
Segmen
Point pertama
yang menjadi keunggulan dari Location Based Advertising adalah spesifict target
market (segmen), why? alasannya
adalah karena service Location Based Advertising ini di provide oleh jasa
telekomunikasi (provider) yang notabene mengantongi database dari para pengguna
jasa provider mereka yang diharuskan melakukan registrasi. Sehingga ketika kita
hendak menggunakan jasa Location Based Advertising kita memiliki dua pilihan,
dimana option pertama adalah melakukannya secara massive dan gerilya dalam
artian tidak pandang bulu semua konsumen si provider kita garap. Atau dengan
option kedua kita bisa melakukan filter dimana iklan yang akan kita release
melalui Location Based Advertising hanya akan di blast (dikirimkan) kepada
segmen yang lebih spesifik, misalkan khusus untuk konsumen yang domisilinya di
Bandung, khusus untuk konsumen yang kebetulan berada di mall atau lokasi
tertentu, atau berdasarkan usia dan jenis kelamin. Semuanya kembali kepada
tujuan awal dari promosi yang akan kita lakukan, atau seberapa besar alokasi budget
yang kita alokasikan untuk beriklan melalui Location Based Advertising.
·
Powerfull
Content Copywriting
Hampir sama
dengan Twitter yang terkendala dengan keterbatasan 140 karakter yang kadang
mengharuskan kita berpikir cukup jeli bagaimana memaksimalkan 140 karakter
tersebut untuk bisa menyampaikan informasi atau promosi kepada follower kita.
Begitupun dengan Location Based Advertising sedikitnya terkendala dengan
keterbatasan space informasi yang akan disampaikan kepada konsumen, dengan
demikian bagi yang akan beriklan melalui jasa Location Based Advertising point
yang paling penting adalah powerfull konten of copywriting (yang penting adalah bagaimana konsumen
tertarik dengan informasi yang kita tawarkan sehingga mereka mau membeli,
mengunjungi toko kita, atau mengklik link yang kita share), nah sebagai
alternatif untuk antisipasi keterbatasan konten informasi hal yang bisa
dilakukan adalah dengan mencantumkan link-link tertentu yang bisa mendirect
kepada jaringan online yang kita miliki (social media, blog, website, landing
pages, etc), terlebih dengan penetrasi teknologi smart phone, balckberry, dan
pc tablet yang semakin menjadi di masyarakat menjadi solusi bagi kita untuk
menyampaikan informasi sedetail mungkin kepada konsumen di balik keterbatasan space
kontent dari Location Based Advertising.
·
Combine
With Offline & Online
Nah jika di
point sebelumnya saya sudah seikit menyinggung mengenai masukan unsur online
dalam iklan Location Based Advertising, misalkan dengan mencantumkan link-link
tertentu sehingga konsumen yang sudah terpersuasi dengan konten copywriting
akan di direct kepada jaringan online yang kita miliki, sehingga bukan tidak
mungkin jika kita bisa memiliki database mereka selain menyampaikan lebih
banyak informasi / promosi kepada konsumen. Berlainan dengan online, faktor
offline lebih pada penggabungan beriklan melalui Location Based Advertising
dengan aktifitas promosi on store, misalkan dalam material iklan Location Based
Advertising yang kita blast terdapat penawaran “dapatkan diskon 15% dengan menunjukan sms ini pada saat berbelanja di
toko”, nah hal ini merupakan upaya mengkonversi calon konsumen menjadi
konsumen dari iklan yang sebelumnya dibaca.
·
Shorten Link
For Measurement
Jika kita
mencantumkan link-link khusus dalam material iklan yang kita blast, ada baiknya
jika kita menggunakan service-service tertentu untuk memperpendek link kita
tersebut salah satunya yang saat ini cukup menjadi trend adalah bitly. Selain
kita bisa menghemat space iklan Location Based Advertising yang terbatas,
melalui link yang sudah di berikan sentuhan bitly tersebut kita bisa melakukan
pengukurang secara spesifik (measurement)
untuk mengetahui sejauh mana efektifitas promosi yang kita lakukan tersebut.
·
Consistency
Point terakhir
yang perlu diperhatikan menurut saya pribadi adalah konsistensi, dalam hal ini
jika kita hendak melakukan promosi melalui Location Based Advertising, maka
aktifitas tersebut harus dilakukan secara konsisten walaupun hanya dalam jangka
pendek.(dira illanoor - 2012)
Komentar
Posting Komentar