5 Strategi Penjualan Angry Bird
sumber gambar : http://arcadesushi.com/files/2012/10/Angry-Birds-Star-Wars2.png
Siapa sih yang nggak kenal dengan
game Angry Bird? game yang menceritakan upaya sekumpulan burung yang menyerang
sekumpulan babi diawali dikarenakan mencuri telur sang burung-burung tersebut.
Siapa sangka Angry Bird di awal kemunculannya berhasil menarik perhatian semua
orang tidak hanya kalangan anak muda saja namun juga para orang tua dibuat
tertawa pada saat menikmati “kenikmatan”
pada saat meluncurkan sang burung pada sekumpulan babi dalam upaya balas dendam
karena telur yang dicuri.
Nah
sebagai salah satu fans game Angry Birds yang saat ini sedang menunggu
releasenya versi terbaru Angry Bird Star Wars #AngryBirdStarWars, melalui
tulisan ini saya ingin berbagi sedikit pandangan mengenai upaya Rovio yang kini
semakin melesat melalui game Angry Bird yang dikembangkan, nah kira-kira apa
saja upaya yang sudah mereka lakukan selama ini hingga bisa melesat cepat
seperti burung-burung yang mereka ciptakan?
1. Terus Berinovasi
Muncul pertama
kali pada tahun 2009 game Angry Bird yang langsung mendapatkan hati di kalangan
gamers tidak membuat Rovio terus berpuas diri, inovasi dan inovasi terus
dilakukan dalam upaya memberikan sensasi experience yang lebih dahsyat kepada
para fans Angry Bird diseluruh dunia. Inovasi salah satunya dilakukan dengan
mengeluarkan berbagai versi Angry Bird yang juga berhasil mengikuti sukses
peluncuran Agry Bird. Versi Angry Bird Rio, Angry Bird Season, Angry Bird
Space, dan Angry Bird Star Wars yang rencananya akan di publish 8 november
2012, menariknya selain itu juga Rovio mengembangkan sebuah game yang lebih
memberikan experience dari sisi sang babi “bad
piggiest” yang selama ini senantiasa menjadi bulan-bulanan kepuasan kita
saat memainkan game Angry Bird.
2. Multi Platform
Rovio yang
meluncurkan game Angry Bird dalam bentuk multi platform dengan demikian game
Angry Bird ini bisa dinikmati oleh para fans mereka melalui perangkat PC
(Windows Os), iPhone, iPad, Mac Osx, Nokia Device, dan Android, dengan demikian
hal ini bisa menjadi solusi bagi para fans yang hanya memiliki platform
tertentu.
3. Social Media
Social Media
tidak hanya dijadikan media promosi saja oleh Rovio namun juga dijadikan
sebagai emdia enggagement dengan para fans mereka. Melalui facebook dengan 21
Juta fans, Twitter dengan 500 ribu followers, dan official youtube rovio yang
video-videonya di lihat oleh jutaan fans di seluruh belahan dunia dijadikan
sebagai lahan berinteraksi dengan para fans. Disini mereka melibatkan fans
untuk berpartisipasi dalam memberikan ide dan masukan untuk pengembangan Agry
Bird sendiri, salah satunya banyak bermunculan komentar dari para fans yang
menginginkan Agry Bird dengan versi tertentu, dengan demikian inovasi yang
dikeluarkan oleh Rovio sudah pasti mengena dengan emosional para fansnya.
4. Teaser
Suksesi Rovio
dalam membangun merk Angry Bird saya nilai terlepas dari Inovasi dan kekuatan
community enggagement via social media, juga dikarenakan strategi teaser yang
digunakan. Salah satunya dengan Angry Birds Starwars yang akan release 8
november 2012, rovio rajin mengeluarkan teaser untuk dijadikan laha word of
mouth. Melalui angrybirds.thublr.com
rovio mengajak para fans untuk melakukan vote memilih sisi Rebellion atau
Empires yang selanjutnya terhubung dengan social media, melalui twitter rovio
rajin melakukan teaser melibatkan para followerrnya dengan #AngryBirdStarWars,
melalui youtube video trailer Angry Bird Star Wars ini dilihat sekitar 3 juta
viewer, selain itu jga rovio melakukan sebuah gebrakan ambience media Angry
Bird Star Wars teaser di kawasan In Time Square – New York United States.
5. Character License
Sukses menuai
pujian dan meraih hati para fans, Angry Bird yang namanya semakin mendunia ini
sudah pasti menjadi incaran para brand-brand besar untuk menggunakan lisensi trademark
Angry Bird untuk digunakan dalam produk-produk mereka (License). Sederhana saja dengan popularitas Angry Bird yang
semakin memuncak membuat para pemilik brand berlomba-lomba ingin mendapatkan
lisensi penggunaan trademark Angry Bird yang dinilai bisa mengangkat
popularitas dari brand mereka sendiri. (dira.illanoor - 2012)
Komentar
Posting Komentar