Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Jumat, 02 Agustus 2013

6 Tips Create A Good Content For Your Costumer




        Pembahas kita kali ini berfokus pada bagaima tips dalam membuat konten yang menarik bagi konsumen (costumer) kita, dalam hal ini konten ini bisa diaplikasi dalam bentuk artikel, e-book, konten di social media, atau konten promosi seperti flyer dan brochure. Nah intinya dalam tulisan kali ini saya ingin share 6 tips yang perlu diperhatikan dan tentunya bisa diaplikasikan pada saat kita akan membuat sebuah konten yang akan kita share kepada konsumen.

       Hal ini tentunya bertujuan supaya konten yang kita share kepada konsumen ini akan lebih impactfull dan menghasilkan feedback sesuai dengan yang diinginkan, misalkan dalam bentuk reply, permintaan berlangganan, repetisi pada saat donwload, join membership, hingga mau membeli atau merekomendasikan produk kita. Oke langsung saja ke pembahasan mengenai 6 tips bagiamana mencreate sebuah konten yang menarik dan bagus bagi konsumen kita, monggo gan dibaca dan semoga bermanfaat.

1.       Know Your Costumer
Tips pertama mengenai bagaiman membuat sebuah konten yang menarik bagi konsumen tentunya dimulai dari konsumen itu sendiri dalam hal ini kita kenali siapa konsumen kita atau lebih spesifik siapa sih target market kita. Kenapa? karena pada dasarnya setiap konsumen itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan tentunya dari setiap perbedaan ini membutuhkan treatment dan approach yang berbeda pula disesuaikan dengan karaketristik dari konsumen itu sendiri. Nah sebagai contoh pada saat kita akan share sebuah konten kepada konsumen tentunya perlu diperhatikan beberapa hal seperti konten materi yang akan dibahas, tata bahasa, hingga bagaimana cara penyampaiannya.

2.       What Their Interest
Setelah kita mengenal siapa konsumen kita, kunci sukses kedua dalam mengcreate konten yang menarik dan bagus untuk konsumen adalah dengan mengenali apa minat dan ketertarikan mereka lalu kita sesuaikan konten materi yang akan di share dengan minat dan ketertarikan mereka. Misalkan target market kita memiliki ketertarikan mengenai film box office maka kita berikan mereka konten yang berhubungan dengan hal tersebut misalkan review mengenai film-film box office yang baru release. Selain itu kita juga bisa mengkolaborasi konten yang disukai oleh target market dengan konten yang hendak akan kita share ke mereka, misalkan kita akan share konten mengenai pentingnya investasi sejak dini yang disisipkan dalam konten bisnis properti yang memang disukai oleh target market kita yang rata-rata pelaku bisnis.

3.       Enlighten or Usefullness
Point ketiga yang penting untuk diperhatikan adalah usefullness dalam hal ini konten yang kita share harus bermanfaat bagi yang menerima, sehingga yang menerima merasa mendapatkan informasi yang berguna bukan merasa terganggu misalkan dengan banyaknya konten email atau e-book yang kita blast melalui email. Nah dengan demikian menjadi kewajiban bagi kita untuk mencreate sebuah konten yang memang berguna bagi pembacanya, dalam hal ini misalkan kita berikan tips-tips yang bermanfaat berhubungan dengan artikel atau e-book yang kita share.

4.       Good Composition
Point keempat yang harus diperhatikan selanjutnya adalah composition (komposisi) dalam hal ini mencakup visual (gambar), tekstual (copywriting), dan layouting. Tujuannya adalah supaya konsumen ketika membacanya tidak cepat bosan malah sebaliknya merasa nyaman pada saat membaca konten yang kita share. Komposisi yang baik menurut saya adalah 60 – 40 untuk tekstual dan gambar, walau mungkin untuk sebagain orang komposisi visual harus lebih berbobot, namun intinya kita harus bisa membuat konten dalam satu komposisi yang baik.

5.       Always Updated
Konten informasi yang menarik bagi konsumen adalah konten yang selalu updated, dengan demikian pastikan setiap konten informasi yang kita buat masih fresh sehingga konsumen mau membacanya. Ketika kita share konten informasi yang sudah berlalu tentunya konsumen tidak mau membacanya karena dinilai sudah “basi”, penting untuk diingat bahwa update disini tidak hanya selalu baru namun juga bisa berupa bagaimana kita membahas konten yang sudah lama namun dari perspektif yang berbeda sehingga tentunya menawarkan sesuatu yang baru bagi konsumen.

6.       Add Testimonial

Nah khusus yang konteksnya jualan misalkan jualan jasa konsultasi kesehatan, selain profile singkat produk kita dan informasi bermanfaat terkait fakta-fakta dan tips-tips kesehatan ada baiknya juga kita sertakan testimonial dari konsumen yang merasa puas akan service kita sehingga bisa menjadi persuasive power bagi konsumen lainnya yang membaca. (dira.illanoor – 2013)