#GantengMaksimal & Cross Media Campaign
sumber gambar : google
Beberapa waktu
lalu saya sempat mengikuti Workshop Creative Sales di hotel Ibis Tamarin
Jakarta, kebetulan memang teman-teman saya yang menjadi pembicara, nah di salah
satu sesi workshop tersebut ada sesi terakhir yang cukup menarik untuk
dijadikan pembahasan dalam tulisan kali ini, adalah Cross Media Campaign materi
yang disampaikan di sesi terakhir oleh teman saya Andi. Cross Media Campaign
tentunya memberikan insight baru bagi saya, kalo yang saya pahami Cross Media
Campaign merupakan sebuah aktifitas bagaimana kita memaksimalkan aktifitas
promosi yang mengangkat campaign tertentu dengan mengintegrasikan beberapa
media (menjadi cross media), misalkan
di ranah online (website, social media, google,
hingga mobile apps), media ATL (tv ads, radio, billboard), dan media BTL
seperti event, nah intinya sih bagaimana kita mengemas campaign kita secara
sinergi kedalam beberapa media tersebut (sinergi).
Lantas apa yang
melandasi tulisan saya kali ini? tentunya bukan mau membahas mengenai Cross
Media Campaign, namun lebih pada pembahasan sebuah case yang saya nilai
merupakan sebuah aktifitas Cross Media Campaign, cerita ini diawali pada saat
saya mengakses detik - mobile apps di sela-sela perkuliahan sabtu pagi,
tujuannya sih waktu itu pengen update info saja, namun saat itu fokus saya
teralih oleh salah satu highlight berita yang berjudul “Ariel Kini Punya Teman Baru Yang Selalu Setia”, he4 bukan berarti
suka berita gossip yah namun karena penasaran ya saya klik beritanya waktu itu.
Singkat cerita saya baca berita tersebut yang intinya si teman baru Ariel ini
senantiasa menemaninya dan biki dia merasa semakin ganteng, diakhiri dengan
quotes : “Siapakah dia? Temukan
Jawabannya di – Link video Ganteng Maksimal”, semakin penasaran saya pun
klik link tersebut dan saya diarahkan ke halaman youtube salah satu brand sabun
muka untuk cowok yang cukup gencar promo menggandeng brand ambassador noah band.
1. Bendera #GantengMaksimal
Upaya dari brand Veseline Men dalam membangun virality
online dikemas dalam satu bendera bernama #GantengMaksimal, nah campaign ini
saya nilai terbukti cukup ampuh dalam create viral di online khususnya telebih
di kalangan target marketnya Vaseline Men, pertama karena produk sabun muka ini
memang khusus diperuntukan untuk market pria muda dan dewasa, kedua campaign
Ganteng Maksimal ini saya coba deskripsikan sebagai sebuah ajakan dari Vaseline
Man kepada cowok-cowok di Indonesia, kalo loe mau ganteng maksimal kayak Ariel
c.s harus pake Vaseline Men, karena dalam konten video Ganteng Maksimal Ariel
c.s memang memberikan 2 tips sederhana biar Ganteng Maksimal adalah pake produk
dari Vaseline Men, yang harapannya tentunya adalah setelah orang liat video ini
ditambahn karisma dari Ariel c.s bisa mendorong target market khususnya kaum
ada mau membeli produk dan mau mengaplikasikan tips tersebut, nggak cuma aware
namun juga generate sales.
2. Own, Earn, and Pay
Nah selajutnya ngomongin Cross Media Campaign, kata
kunci yang saya ingat sampai saat ini adalah 3 hal to maximize and synchronize
adalah Own Media (merupakan media yang
dimiliki oleh kita), Earn Media (media
yang disediakan oleh orang lain dan gratisan, misalkan blogger yang menuliskan
berita tentang kita), dan Pay Media (media
yang memang kita bayar untuk promosi). Setelah menelusuri #GantengMaksimal
ini lebih jauh, saya dapat menyimpulkan bahwa Vaseline Men berhasil
memanfaatkan ketiga fondasi utama dari Cross Media Campaign.
3. Own Media
Apa saja own media yang dimiliki oleh Vaseline Men
dalam membangun virality di online? pertama adalah website www.vaselinemen.com,
youtube vaselinemenID dan tentunya social media Facebook VaselineMEN dan
Twitter @vaselinemen yang keduanya cukup rajin share konten tips atau link
video mengenai Ariel c.s dan tips Ganteng Maksimalnya disertai dengan hastag
#GantengMaksimal, dan nggak cuma aktifasi online melalui facebook apps juga
diselenggarakan dimana peserta diharuskan melihat video Ganteng Maksimal dan
menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan video tersebut untuk mendapatkan
hadiah merchandise dari Ganteng Maksimalnya Vaseline Men.
4. Earn Media
Namanya juga online sekalinya viral udah deh bisa-bisa
nggak kebendung, buktinya hastag #GantengMaksimal yang diblast kenceng lewat
online berhasil nggak cuma menimbulkan viral aja tapi juga pemberitaan alias
media gratisan bagi Vaseline Men dengan campaign #GatengMaksimalnya, misalkan
adalah http://inagist.com/all/379241302455361537/, dan http://annida-online.com/artikel-8348-ganteng-maksimal.html yang keduanya mereview mengenai
Ganteng Maksimal walaupun memang nggak begitu detail, namun yang terpenting
adalah keyword #GatnegMaksimal yang mereka share, nah mungkin tulisan saya ini
juga sebagai salah satu contoh earn media, tidak ada niat promosi namun murni
karena ingin share insight mengenai Cross Media Campaign yang dilakukan
Vaseline Men.
5. Pay Media
Bagaimana dengan pay media? tentunya selain placement di
detik melalui berita #GantengMaksimal ini juga kolaborasi dengan salah satu
program yang disiarkan oleh Net Media, adalah The Comment yang program yang
kini tengah naik daun khususnya dikalangan anak muda karena kekonyolan duo MC
@imamdarto dan @danangpostman. Whats the point? adalah program ini juga turut
mengkampanyekan GantengMaksimal, dimana dalam salah satu episode duo MC
tersebut membahas mengenai GatengMaksimal bahkan merelease versi tutorial
GantengMaksimal versi mereka di youtube, nggak cukup berhenti disitu The
Comment juga adain aktifasi ajak para followers khususnya cowok untuk berfoto
gaya dan mention ke mereka dengan hastag #GantengMaksimal. Nah diluar media
yang saya sudah jelaskan mungkin ada beberapa media online atau konvensional
yang tidak saya sebutkan, namun intinya adalah case ini bisa menjadi sebuah
contoh sukses bagaimana sebuah brand mengemas sebuah konten campaign melalui
Cross Media Campaign yang mungkin bisa kita coba aplikasikan dalam bisnis kita,
nah akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat. (dira.illanoor – 2013)