Bengkel Irit BBM
sumber gambar : google
Hari senin
seperti biasanya memulai rutinitas kerja ke Jakarta untuk bertemu dengan
beberapa klien, singkat cerita sepanjang perjalanan saya di jalan tol dari
Bandung menuju Jakarta pandangan saya kembali terfokus pada sesuatu hal yang menurut
saya menarik untuk dijadikan tulisan, adalah spanduk besar yang terpampang di
salah satu jembatan penyebrangan yang dilalui oleh tol Cipularang arah ke
Jakarta yang saya maksudkan (mohon maap
saya tidak ingat KM-nya).
Pertanyaannya
apa yang menarik dari sebuah spanduk? paling kontennya berisi informasi atau
paling-paling promosi? nah buat yang ngejawab begitu mungkin kalian ada
benarnya juga, karena spanduk yang saya lihat itu memang berisi konten
informasi dan promosi secara tidak langsung, lalu apa yang berbeda? adalah
bagaimana konten tersebut dikemas dengan copywriting singkat namun berhasil
menarik perhatian orang dan push to act
karena penasaran.
Oke biar nggak
nambah bingung iklan yang saya maksud adalah “Bengkel Irit BBM”, jadi yang menarik perhatian saya saat itu adalah
sebuah spanduk panjang dan besar berwarna putih yang dipasang di 2 jembatan
penyebrangan yang sudah pasti dilalui oleh kendaraan yang hendak ke Jakarta
dari Bandung melalui tol Cipularang, dan menariknya dalam spanduk tersebut
hanya ada 2 konten yang saya ingat, pertama adalah logo Google, dan kedua
adalah Copywriting “Bengke Irit BBM” yang sudah saya sebutkan tadi.
Nah karena sudah
saya bilang tadi saya penasaran makanya saat itu juga saya ambil tablet saya
dan buka google, lalu menuliskan keyword “Bengkel Irit BBM”, dan tebak apa yang
muncul di jajaran 3 teratas google berdasarkan pencarian Keyword tersebut? yup,
adalah Provis Auto Sport sebuah bengkel yang melayani berbagai pelayanan salah
satunya ya spesialisasi irit BBM untuk kendaraan. Terbayar sudah rasa penasaran
saya, dengan demikian melalui tulisan kali ini saya ingin share mengenai
kreativitas yang dilakukan oleh Provis dalam hal promotion untuk generate
leads, mengkolaborasi metode konvensional dengan digital, langsung saja monggon
dibaca gan.
1.
Memaksimalkan
Pencarian Google
Digital media
saat ini memang menjadi sebuah keharusan bagi pelaku bisnis untuk
dimaksimalkan, entah itu develop website, online store, social media, google
placement, forum, email marketing atau apapu ini namun intinya adalah Digital
media memberikan peluang yang sangat besar dan bisnis kita akan jauh tertinggal
jika tidak ikut memaksimalkannya. Contohnya adalah yang dilakukan Provis Auto
Sport, mungkin sadar akan besarnya pengaruh media digital dan teknologi dalam
pola konsumsi konsumen khususnya dalam mencari informasi yang kemungkinan besar
adalah “googling” pake si mbah google, maka nggak heran kalo bengkel yang satu
ini mau memaksimalkan mesin pencarian Google untuk keyword keyword tertentu. Nah
mungkin karena differensiasi (kompetensi
yang ingin ditonjolkan) Provis Auto Sport merupakan spesialisasi setting
kendaraan supaya lebih irit BBM, maka keyword yang dipilih untuk dimaksimalkan
yang “Bengkel Irit BBM”, saya mungkin kurang memahami bagaimana teknisnya
mereka berhasil memaksimalkan keyword tersebut namun intinya secara search
engine optimizer (SEO) website mereka berhasil memuncaki pencarian keyword
“Bengkel Irit BBM”, selain itu juga diikuti oleh 2 berita dari otoasia.com dan
inilah.com. Nah mungkin itu hanya salah satu keyword yang dipilih, realnya
mungkin terdapat beberapa iklan google ads atau adword atau penggunaan
keyword-keyword selain “Bengkel Irit BBM” yang digunakan oleh Provis Auto Sport
untuk memunculkan halaman mereka dalam pencarian google.
2.
Generate
Lead Offline
Kalo google ads
kan versi onlinenya yah, orang ketik kata kunci (keyword) maka iklan kita muncul deh di halaman pencarian google,
nah mungkin kalo boleh saya menyebutkan apa yang dilakukan oleh Provis Auto
Sport ini adalah google ads versi offlinenya, he4 kenapa? soalnya mereka
mengkolaborasinya secara offline (promosi),
dan dari situ berhasil generate traffic (lead),
buktinya saya yang penasaran dan googling kata kunci tadi. Nah mungkin ini bisa
menjadi contoh bagi pelaku bisnis yang sudah placement google ads atau
memakismalkan pencarian google, namun mengkolabirasikannya dengan offline media
untuk generate leads.
3.
Konten
Copywriting
Point menarik
dari promo offline yang dilakukan Provis Auto Sport dalam memperkenalkan keyord
“Bengkel Irit BBM” adalah konten copywriting itu sendiri yang singkat namun
berhasil menimbulkan penasaran bagi orang yang melihatnya dan push to act,
dalam hal ini mencari kata kunci tersebut di mesin google, namun yang
terpenting menrutu saya adalah copywriting “Bengkel Irit BBM” tadi sangat mudah
diingat oleh orang yang melihatnya, mungkin suatu saat kalo butuh saya akan
inget “Bengkel irit BBM” tiba-tiba pada saat lagi dijalan.
4.
Promo
Yang Terarah
Promo sih nggak
asal promo, cuma bagaimana promosnya kontennya harus menarik (what to offer) yang mana sudah
dijelaskan di point sebelumnya, nah sekarang how to offernya juga harus terarah
dong untuk target market yang kita pilih, setuju? saya pribadi menilai promo
yang dilakukan Provis Auto Sport ini sudah tepat karena menyasar segmen yang
sesuai, dalam hal ini adalah pemilik mobil, nah konten promo “Bengke Irit BBM”
tadi disampaikan melalui spanduk yang dipasang di jalan tol yang notabene
dilalui oleh banyak pemilik mobil setiap harinya. (dira.illanoor – 2013)