5 Peluru Kemenangan Sang Sales Force
sumber gambar : google.com
Ada cerita menarik nih, kebetulan
beberapa waktu lalu saya menemani paman saya pergi ke sebuah dealer mobil
sebuah brand ternama. Nah paman saya yang memang sudah memiliki rencana untuk
membeli sebuah kendaraan dari jauh-jauh hari pada waktu itu mengajak saya yang
kebetulan sedang berkunjung ke rumahnya. Singkat cerita beberapa dealer
brand-brand ternama kami kunjungi, berbagai jenis mobil kami lihat, sampai pada
akhirnya sore itu nasib mempertemukan saya dan paman dengan salah seorang sales
force merk mobil terkenal asal negeri sakura.
Topik
yang ingin saya bahas melalui tulisan ini adalah mengenai bagaimana upaya sang
sales force tersebut khususnya dalam meyakinkan paman saya untuk membeli produk
yang ditawarkannya tersebut. Seorang sales force dengan keunggulan “5 peluru” yang berhasil dia “tembakan” kepada paman saya sehingga
pada akhirnya beliau memutuskan untuk memilih dan membeli produknya tersebut.
Nah
mungkin ke 5 peluru yang akan saya bahas ini merupakan hasil dari pengamatan
saya yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran khususnya bagi para sales
force yang ingin meningkatkan volume penjualannya dalam “mengkonversi” konsumen potensial, atau bahkan bisa dijadikan
standarisasi bagi para pemilik brand yang menginginkan tim salesnya memiliki
daya pikat maksimal sehingga konsumen mudah terbuai dan mau membeli produk yang
ditawarkan oleh tenaga penjual mereka. Apa saja 5 peluru yang harus dimiliki oleh sales force sejati?
silahkan saja langsung dibaca.
1.
Peluru
1# Product Knowledge
Peluru pertama
yang harus “ditembakan oleh” sales
force kepada konsumen adalah PRODUCT
KNOWLEDGE dalam hal ini seorang sales force diharuskan semaksimal mungkin
menjelaskan kelebihan dari produk kita sedetail mungkin kepada konsumen, dan
pastikan konsumen amaze atas apa yang kita jelaskan.
“pak
mobil ini pake teknologi front wheel drive & mesin vvt-i sehingga lebih
irit dan bertenaga, kapasitas penumpangnya juga lebih banyak, interiornya juga
sangat ekslusif pak, nah kalo dari segi keamanan mobil ini sudah dilengkapi
teknologi EBS & ABS, bentuk body sangat sporty sehingga terlihat lebih
elegan terlebih kalo bapak pilih warna silver atau hitam metalic”
2.
Peluru
2# Compare
Setelah peluru
pertama, peluru selanjutnya yang harus kita “tembakan” adalah COMPARE (membandingkan)
yang dalam hal ini adalah kita membandingkan produk kita dengan produk pesaing
(kompetitor). Nah menarikanya disini adalah sang sales force harus cerdik
menggunakan keunggulan produknya dibandingkan produk pesaing sebagai kekuatan, namun
disatu sisi harus juga berhati-hati “menyamarkan”
kekurangan produk kita dibandingkan produk pesaing, jangan sampai upaya
membandingkan ini menjadi boomerang baginya.
“wah
pak kalo mobil ini efisiensi bahan bakarnya 1 : 12 lebih irit dibandingkan
mobil merk lain yang rata-ratanya membutuhkan konsumsi bahan bakar 1 : 16, mobil ini juga memiliki kelebihan teknologi kunci
i-mobile anti maling yang tidak dimiliki oleh kompetitor lho pak, kalo dari
segi keamanan jangan khawatir mobil ini sudah dilengkapi teknologi ABS &
Air Bag yang tidak dimiliki oleh mobil sekelas dari kompetitor”
3.
Peluru
3# Testimonial
Peluru ketiga
yang harus “ditembakan” adalah TESTIMONIAL, yang dalam hal ini adalah
kita menceritakan pengalaman-pengalaman positif dari konsumen yang sudah
membeli produk kita, bahkan jika perlu kita ceritakan pengalaman-pengalaman
negatif pesaing dari konsumen yang akhirnya beralih ke produk kita.
“pak
kemarin ada konsumen saya yang langsung bela-belain menjual mobil sebelumnya
demi untuk membeli mobil ini lho, kemarin juga ada saudara saya yang nyesel
beli mobil pesaing selain boros juga karena harga jualnya anjlok, bahkan saat
sudah beralih ke mobil ini mereka mengaku memang lebih irit konsumsi bahan
bakarnya”
4.
Peluru
4# After Sales Service
Peluru keempat
bernama AFTER SALES SERVICE, bagaimana
kita menawarkan service ekstra kepada konsumen yang membeli produk kita yang
dalam hal ini adalah keuntungan-keuntungan yang didapatkan konsumen jika
membeli produk kita.
“kalo
bapak pesan hari ini maka bapak nanti berhak mendapatkan free service hingga
300.000 KM dan include free ganti oli di
seluruh dealer milik kami di indonesia, nah kalo bapak tidak punya banyak waktu
luang untuk service jangan khawatir bapak bisa hubungi line phone nanti tim
kami akan datang ke rumah bapak membantu membawakan kendaraan ke dealer untuk
di service”
5.
Peluru
5# Bonus
Peluru terakhir
adalah BONUS, yang dalam hal ini
menawarkan special offer khusus untuk konsumen kita yang membeli produk kita. Siapa
kira-kira konsumen yang tidak tergiur dengan berbagai penawaran special jika
membeli produk tertentu? terlebih jika offering tersebut sangat berhubungan
dengan produk yang dibelinya.
“nah
pak karena kita lagi promo nih, kalo bapak membeli mobil ini sekarang dengan
harga yang sudah saya tawarkan tadi bapak bisa mendapatkan bonus cashback
sampai Rp. 1.000.000,-, free parking sensor, free film kaca v-cool, dan karpet
beludru lho pak, nah kalo bapak bayarnya cash bapak bisa dapatkan undian
berhadiah iPad2, jadi bagaimana pak? berminat”
Komentar
Posting Komentar