Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Minggu, 04 Agustus 2013

Meretas Segmentasi Konsumen Di Social Media


sumber gambar : google

               Tema yang akan kita bahas kali ini kebetulan membahas mengenai Segmentasi, nah kalo ngomongin aktifitas bisnis apapun itu, tentunya nggak lepas dari yang namanya Segmentasi, kenapa? karena bisa dibilang Segmentasi merupakan salah satu fondasi awal dari kebijakan Strategi Marketing atau Branding yang akan kita eksekusi, nggak hanya itu Segmentasi juga merupakan salah satu bagian pertama yang diperhatikan ketika kita sebuah bisnis menghasilkan sebuah produk. Kenapa membahas Segmentasi dalam konteks konsumen di Social Media? tentunya dalam tulisan-tulisan sebelumnya banyak dibahas mengenai Digital Marketing, bagaimana sebuah aktifitas marketing dari yang sebelumnya vertikal menjadi horizontal dengan adanya media digital seperti internet dan Social Media, sebuah media yang turut memunculkan Digitalpreneur menjadi para pelaku bisnis online yang sukses. Mungkin melalui tulisan ini saya hanya ingin membahas sedikit mengenai gambaran bagaimana meretas Segmentasi di Social Media khususnya.
               
                Sebelum mulai pembahasan ada baiknya kita membahas sedikit mengenai apa itu Segmentasi? sederhananya sih Segmentasi itu merupakan sebuah upaya kita (baik sebagai pelaku bisnis, marketing, atau branding) dalam mengkategorikan pasar (konsumen). Misalkan Segmentasi berdasarkan social economic status (S.E.S) atau mengklasifikasi konsumen berdasarkan tingkat pendapatan dan status social seperti SES A, B, C1, C2, D, dan E, atau Segmentasi berdasarkan usia remaja, dewasa, dan orang tua. Namun intinya dua hal tersebut merupakan contoh pendekatan Segmentasi berdasarkan faktor Static Attribut (pendekatan berdasarkan faktor geografis & demografis seperti domilisi, usia, pendidikan, dan pekerjaan) dan Dynamic Attribut (pendekatan berdasarkan human character seperti minat, bakat, sikap, perilaku, keyakinan), selain dua pendekatan tadi ada juga pendekatan berdasarkan Individual Attribut (pendekatan berdasarkan sikap dasar yang sudah dimiliki seseorang sejak lahir).

        Nah itu tadi sedikit gambaran mengenai Segmentasi, selanjutnya yang akan kita bahas adalah bagaimana mengkategorikan konsumen di beberapa channel Social Media dengan pendekatan Static Attribut dan Dynamic Attribut Segmentation. Dalam hal ini bagaimana kita memilih karakteristik konsumen yang sesuai dengan Segmentasi yang sudah ditetapkan, sehingga impact dari aktifitas campaign, promosi, atau penjualan yang kita lakukan melalui Social Media bisa maksimal karena menyasar market yang tepat. Oke, tanpa panjang lebar langsung saja dibaca gan.


1.       Facebook
Facebook sebagai social media populer pertama di Indonesia yang kini di akses oleh hampir 48 Juta orang ini nggak cuma populer sebagai jaringan pertemanan saja namun juga sebagai jaringan bisnis online, kenapa karena melalui facebook kita bisa mendisplay produk jualan kita (visual photo bahkan video) dengan tambahan konten copywriting. Selanjutnya bagaimana kita mengkategorikan Segmen pasar yang sesuai dengan karkater bisnis atau konsumen kita di Social Media Facebook? oke sebenarnya secara platform Facebook sudah mendukung yang namanya pengkategorian secara static, dalam hal ini adalah domisili, usia, pendidikan, bahkan pekerjaan. Koq bisa? pertama kali kita daftar Facebook apa yang dilakukan? adalah mengisi biodata yang berhubungan dengan hal-hal yang sudah saya sebutkan. Nah hal ini secara tidak langsung membuat Facebook bisa mengsistematiskan user berdasarkan kategori-kategori tertentu, misalkan berdasarkan range usia 18 – 20. Jadi buat yang mau pasang Facebook Ads, static database yang di provide oleh Facebook bisa dijadikan acuan kita sehingga iklan yang dipasang langsung menyasar Segmen yang tepat. Faktor Dynamic juga bisa kita gunakan dalam hal ini kita cari individu yang memiliki ketertarikan pada hal-hal tertentu, misalkan kita mau jualan produk naik gunung nih, di kolom search enggine Facebook kita bisa mencari komunitas naik gunung atau individu yang memiliki ketertarikan dengan naik gunung, kalo udah ketemu tinggal aja temenan dan tag mereka deh dengan konten promo yang sudah dibuat.

2.       Twitter
Nah kalo yang satu ini agak sedikit berbeda dengan karakteristik Facebook yang menyediakan static database, kalo berdasarkan pengalaman saya Twitter ini lebih cocok menggunakan pendekatan Dynamic Attribut dalam hal ini fokus pada aspek Human Interest. Bagaimana aplikasinya? Misalkan kita berjualan jilbab (hijab), kita bisa search account-account komunitas yang memang berhubungan dengan jilbab, kenapa karena orang-orang yang follow account tersebut sudah kemungkinan besar memiliki ketertarikan pada jilbab dengan demikian kita bisa promo langsung di account tersebut atau follow beberapa yang memang followers dari komunitas tersebut baru selanjutnya kita approach secara personal. Hal lainnya kita juga bisa gunakan search enggine Twitter dengan kyword-keyword tertentu, misalkan jilbab maka akan otomatis Twitter akan memunculkan nama-nama yang membahas kata jilbab secara realtime, nah itu Target Market potensial tuh tinggal approach saja. Walaupun lebih condong pendekatan Dynamic Attribut, secara Static juga Twitter bisa digunakan misalkan dengan melihat account-account tertentu, sebut saja misalkan @AreaCewe yang kemungkinan besar followernya bergender wanita.

3.       Instagram

Instagram yang kini juga cukup dilirik oleh para pebisinis online, karkateristiknya hampir sama dengan Twitter, kita bisa mengkategori Segmentasi dengan pendekatan Dynamic (berdasarkan human interest), misalkan kita jualan celana jeans denim maka kita bisa cek account-account yang berhubungan dengan demin wardrobe, atau kita bisa menggunakan jasa hastag (#) untuk search enggine misalkan #DenimLovers untuk mengetahui siapa saja individu yang menyukai wardrobe denim. Bagaimana dengan pendekatan Static Attribut? menurut saya pribadi hampir sama dengan Twitter kita bisa cek account-account tertentu yang memang memiliki karakteristik spesifik misalkan berdasarkan minat dan usia. (dira.illanoor – 2013)