Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Kamis, 06 Desember 2012

Spectrum - Branding Lewat Mural



sumber gambar : dokumentasi pribadi

Minggu kemarin kebetulan saya jalan-jalan ke kawasan Car Free Day Ir. H Djuanda ato yang lebih dikenal dengan kawasan Dago oleh orang Bandung. Nah kawasan Car Free Day yang setiap minggunya dipenuhi oleh orang-orang yang memang hanya sekedar olahraga ringan dengan berjalan kaki atau bersepeda, atau mungkin terdapat sebagian orang menganggap kawasan Car Free Day merupakan ladang bisnis untuk meraup untung, hingga aktifitas-aktifitas lainnya yang terkadang membuat saya amaze bahkan tertawa. Nah ngobrolin aktifitas di Car Free Day, minggu lalu kebetulan saya menemukan sebuah activity yang menurut saya pribadi dinilai cukup menarik. Aktifitas tersebut merupakan sebuah brand activation mural yang diselenggarakan oleh sebuah merk cat “Spectrum”, nah ngomongin benang merah antara cat dan mural sudah pasti kita semua bisa menarik benang merah, namun melalui tulisan ini saya hanya ingin berbagi sedikit penialian saya mengenai point-point positif dari aktifitas mural yang diselenggarakan oleh merk tersebut.

1.       Branding = Soft Selling
Point pertama yang harus diperhatikan adalah, dalam sebuah aktifitas branding akan lebih baik jika dikemas secara soft selling dibandingkan secara hard selling. Kenapa? karena jika langsung dikemas secara hard selling kemungkinan besar sebuah merk akan menghadapi barrier resistance dari benak konsumen yang kini semakin pintar. Berbeda jika pendekatan yang dilakukan lebih soft selling, seperti konsep mural yang ditawarkan oleh Spectrum yang saya nilai lebih bisa diterima oleh pengunjung Car Free Day (target market) karena lebih menekankan pada faktor emotional experience. Memang terkadang beberapa merk salah satunya produk Fast Moving Consumer Good (FMCG) yang terkadang menggabungkan kedua hal tersebut untuk menghasilkan penjualan, namun untuk beberapa kategori produk salah satunya yang saya temui di Car Free Day ini mural merupakan aktifitas yang cukup positif sebagai media promosi dan branding.

2.       Interaction With Costumer
Good Impact lainnya dari activity mural ini adalah adanya interaksi dengan pengunjung Car Free Day yang secara tidak langsung juga merupakan target market dari Spectrum. Interaksi ini ditunjukan dalam bentuk adanya partisipasi dari pengunjung di kawasan Car Free Day yang hanya sekedar melihat aktifitas mural yang dilakukan oleh Spectrum, atau hanya sekedar berfoto di media mural, bahkan hingga melibatkan diri dalam aktifitas mural yang diselenggarakan. Interaksi yang terjalin ini sudah pasti menjadi nilai positif bagi sebuah merk, karena sudah merangkul konsumen menjadi bagian dari sebuah activity yang dilakukan sebuah merk.

3.       Emotional Experience Touch
Nah selain interaksi yang terbangun antara Spectrum dengan pengunjung Car Free Day, point penting lainnya adalah adanya emotional touch yang diberikan dalam hal ini adalah para pengunjung diajak untuk berpartisipasi dalam aktifitas mural, yang saya nilai secara tidak langsung memberikan nilai emotional experience kepada mereka khususnya momentum saat menggunakan cat Spectrum.

4.       Grab Community
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, dalam brand activation mural tersebut Spectrum menggandeng komunitas Preman Urban. Preman Urban yang memiliki arti Perkumpulan Seniman Urang Bandung ini terbentuk dari kesamaan hobi yang dimiliki (graffiti, mural, stencil, wheat paste, atau street art lainnya). Aktifitas grab community ini seringkali di lakukan oleh beberapa merk, tujuannya selain membangun enggagement dengan komunitas tersebut sudah pasti juga ditujukan untuk aktifitas branding. Kenapa penting membangun enggagement dengan komunitas-komunitas yang khususnya memiliki kesamaan atau terdapat benang merah dengan produk kita? karena selain komunitas tersebut merupakan bagian dari kita, mereka juga bisa menjadi bagian dari penjualan secara tidak langsung dengan menjadi referal menjadi brand ambasador.

5.       Connected To Social Media
Banyak pengunjung yang antusias dengan kegiatan mural yang diselenggarakan ini, banyak juga pengunjung yang berpartisipasi hanya sekedar berfoto di media mural yang disediakan. Nah kedua point tersebut juga dimanfaatkan dengan baik oleh Spectrum untuk aktifitas branding, dimana pengunjung yang berfoto di ajak berpartisipasi untuk share (berbagi) foto momentum mereka dengan media mural kepada jejaring Social Media (Facebook & Twitter) milik Spectrum, dengan demikian konsumen lain yang tidak berkesempatan hadir di kawasan Car Free Day untuk menyaksikan secara langsung aktifitas mural ini diberikan kesempatan untuk melihatnya melalui foto-foto yang sudah di share. (dira illanoor - 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar