Cinta, Rangga, dan #AADC
sumber gambar : capture youtube.com
Beberapa hari
ini jagat dunia cukup dihebohkan dengan kampanye Line dalam mempromosikan salah
satu fitur barunya Find Alumni, sehingga nggak aneh kalo timeline social media
dipenuhi konten yang bermuatan Cinta, Rangga, dan #AADC. Mini drama #AADC 2014
yang diluncurkan baru-baru ini oleh Line dalam upaya mempromosikan fitur
barunya tersebut berhasil menarik perhatian khalayak dunia maya, buktinya
hingga saat ini rate viewer official youtube mini drama #AADC naik terus. Sebagai
individu yang juga bersosial media, fenomena ini nampaknya cukup asik untuk dijadikan
sebagai bahan tulisan.
1. #AADC memori manis generasi 90an
Anak mudah generasi 90an siapa sih yang nggak kenal
dengan film #AADC (Ada Apa Dengan Cinta)?
kayaknya kebangetan kalo sampe ada yang nggak tau film itu, sebuah film yang berhasil
menyihir mata kawula muda generasi 90an menjadikan film yang diperankan oleh
Dian Sastro (sebagai Cinta) dan
Nicolas Saputra (sebagai Rangga) sebagai
film paling hits kala itu, singkatnya mungkin saat itu banyak orang bilang kalo
nggak nonton rugi banget deh. Memori mengenai #AADC mungkin saat ini hanya
menjadi bagian dari memori indah saat 90an, atau bahkan mungkin sudah
terlupakan oleh sebagian orang, namun menariknya adalah bagaimana memori #AADC
tersebut berhasil dibangunkan kembali oleh Line melalui kampanye fitur barunya
Find Alumni. Nah muncul sebuah pertanyaan, apa kaitannya? saya pribadi tentunya
melihatnya dari memori #AADC generasi 90an dengan fitur Find Alumni yang
diluncurkan oleh Line, dimana kampanye mini drama #AADC berhasil menjadi
jembatan dalam memperkenalkan fitur Find Alumni tadi yang pada dasarnya kita
bisa mencari rekan atau sahabat kita di masa SD hingga Kuliah untuk selanjutnya
terkoneksi dengan mereka melalui Line. Seperti yang sudah dijelaskan film #AADC
merupakan bagian dari memori emas generasi 90an, dan kalo kita ngomongin
orang-orangnya mungkin sudah terpisahkan oleh jarak dan waktu karena tuntutan
profesi dan pekerjaan. That’s my opinion, as simple as that!
2. Mini Drama #AADC Creative Powerful Content
Kampanye fitur Find Alumni ini dipromosikan melalui
konten video mini drama yang melibatkan sekaligus mereunikan pemeran-pemeran
utama dalam film #AADC, dimana dalam video ini menceritakan kelanjutan kisah
dari film #AADC yang mana Cinta dan Rangga terpisah selama hampir 12 tahun,
hingga setelah akhirnya dipertemukan kembali diawali fitur Find Alumninya Line,
mengenai bagaimana kelanjutannya mungkin kalian bisa nonton langsung videonya
di youtube. Namun pada dasarnya saya menilai bahwa konten yang diciptakan ini
sangat kreatif dan powerful, buktinya dalam waktu sehari bisa mencapai satu
juta viewer. Seperti diketahui bahwa saat ini kita memasukin era inbound dimana
aktifitas promosi tradisional yang interuptif mulai ditinggalkan menjadi perspektif
costumer centric berbasi konten. Mini drama #AADC merupakan sebuah konten video
storytelling yang berhasil menyampaikan nilai-nilai humanis dan emosional (emosional bonding) hingga menjadi daya tarik
yang atraktif yang sangat kuat, sehingga keberadaan Line dan fitur Find Alumni dalam
video tersebut pun bisa tersampaikan dengan baik karena bisa mengikuti alur
cerita (bagian dari cerita), itulah
costumer centric approach dimana melalui konten video mini drama #AADC Line berhasil
mengedukasi dan mempromosikan fitur barunya kepada user yang sudah pasti
didominasi oleh internet generation. Powerful konten yang dibuat tersebut
tentunya turut menstimuli viral di dunia maya, terlepas dari entah itu keterlibatan
pihak agency, yang pasti tidak lama berselang konten serupa bermunculan dalam
bentuk video mini drama #AADC parody version hingga comic meme ala #AADC,
sehingga topik ini rajin nongol di timeline social media kita.
3. Find Alumni an Innovation and Solution
Berbicara mengenai fitur baru Find Alumni milik Line
nggak cuma berbicara mengenai kesuksesan mereka dalam menciptakan konten mini
drama #AADC sebagai media promosi, namun saya juga menilainya lebih pada sebuah
inovasi sekaligus solusi yang diberikan Line kepada para usernya. Pertama
berdasarkan aspek inovasi saya menilai bahwa fitur Find Alumni ini merupakan
sebuah terobosan bagi Line khususnya untuk bersaing menjadi yang terbaik
diantara aplikasi instant messanging lainnya, seperti diketahui saat ini
instant messanging menjadi sebuah kebutuhan dimana fitur Find Alumni menjadi value
khususnya dalam meraih hati user untuk loyal bahkan membuat user kompetitor beralih
menggunakan Line. Kedua mengenai aspek solusi tentunya saya menilai bahwa fitur
ini menjadi sebuah solusi bagi user khususnya yang ingin kangen-kangenan sama
teman-teman semasa sekolah atau kuliah dulu melalui Line. (dira.illanoor –
November 2014)
Komentar
Posting Komentar