PopCap Monetize Lewat Plant vs Zombie 2
sumber gambar : http://media.idownloadblog.com/wp-content/uploads/2013/06/Plants-vss-Zombies-2-teaser-001.jpg
Siapa sih yang nggak kenal game
Plant vs Zombie? game Tower Defence keluaran PopCap sang developer game dari
negeri paman sam yang kembali berhasil mendulang sukses untuk kedua kalinya
melalui game Plant vs Zombie 2 yang dirilis sekitar bulan Agustus tahun 2013
ini. Berdasarkan data yang saya peroleh dari indogamers.com Plant vs Zombie 2
yang pertama kali diluncurkan untuk versi iOS ini ternyata sudah diunduh
sebanyak 25 Juta kali dalam kurun waktu dua bulan! Waw angka yang fantastis
tentunya. Nah apa yang akan saya bahas dalam tulisan kali ini adalah lebih pada
upaya monetize yang dilakukan oleh PopCap melalui game sekuel kedua Plant vs
Zombie yang dirilis Agustus lalu, dan berdasarkan experience yang saya dapatkan
pada saat memainkan game sekuel kedua ini setidaknya ada 4 indicator utama yang
menjadi kesuksesan PopCap game selaku developer game yang berhasil meraup
untung dengan memonetize konsumennya, langsung saja gan monggo dibaca.
1.
Booming
PvZ 1 yang berhasil mendulang fans
Indikator
pertama yang saya nilai menjadi kesuksesan bagi sang developer PopCap game
adalah versi pertama dari game Plant vs Zombie yang berhasil booming menjadi
sebuah game Tower Defence yang sangat disukai oleh pecinta game, sebuah game
sederhana yang bercerita mengenai Crazy Dave yang rumahnya diserang oleh
sekelompok Zombie yang ingin memakan otaknya, upaya apa yang dilakukan oleh
Dave dalam meredam serangan para Zombie? Adalah berbagai tanaman unik yang
memiliki berbagai kekuatan digunakan sebagai pertahanan sekaligus senjata untuk
mengalahkan para Zombie, alhasil dari game sederhana yang dikemas berbagai
level ini bikin ketagihan orang yang memainkannya. Sukses meraih hati para
gamers, PopCap juga berhasil meraih berbagai prestasi mulai dari penghargaan Casual Game Of The Years, Best Download Game, Best Game Design, hingga Game
Of The Years, yang mana dari berbagai award tersebut tentunya Plant vs
Zombie juga mendulang banyak fans (subscriber
yang menjadi fans) sehingga nggak heran kalo kesuksesan versi pertama Plant
vs Zombie ini menjadi indicator pertama dari kesuksesan game sekuel kedua yang
memang sudah ditunggu-tunggu oleh para fans setia dari game Plant vs Zombie.
2.
Stimulus
konsumen lewat Teaser
Suksesi sekuel
Plant vs Zombie 2 ini saya kira juga tidak lepas dari strategi teasing yang
dilakukan oleh PopCap sebelum resmi meluncurkan game ini, beberapa teaser
dilempar kepada konsumen melalui berbagai media seperti melalui video “Plant vs
Zombie 2” di youtube yang disaksikan oleh jutaan viewer, selain tentunya
melalui web resmi dan social media account milik PopCap. Point ini tentunya
menjadi indikator kedua dari kesuksesan PopCap dalam memonetize konsumennya
melalui game ini tidak lepas dari teaser-teaser yang membuat para fans tidak
sabar ingin segera mengunduh dan memainkan game tersebut.
3.
Transformasi
menjadi “gratis dengan konten berbayar”
Indikator ketiga
yang menjadi pembeda adalah transformasi yang dilakukan oleh PopCap dari “berbayar
dengan konten gratisan” menjadi “gratisan dengan konten berbayar”, apa
maksudnya? Nah jika pada Plant vs Zombie pertama konsumen diharuskan bayar
dimuka pada saat akan mengunduh gamenya (kalo
nggak salah untuk versi iOS konsumen diharuskan bayar Rp. 9.500,-),
bagaimana dengan kontennya? tentunya rata-ratanya gratisan karena konsumen
cukup mengumpulkan point (koin silver dan
gold) saja untuk bisa menggunakan beberapa konten fitur game (misalkan varian tanaman baru). Sedikit
berbeda dengan sekuel pertama, sekuel kedua dari Plant vs Zombie ini
bertransformasi menjadi “gratisan dengan konten berbayar”, dalam hal ini
konsumen pada saat pertamakali mengunduh tidak dikenakan biaya alias gratis,
namun pada saat bermain banyak konten fitur yang rata-ratanya berbayar :
a.
Monetize lewat koin, menariknya di sekuel kedua
ini ada fitur penggunaan 3 kekuatan special yang bisa digunakan pada saat
bermain game, nah penggunaan fitur tadi tentunya membutuhkan sejumlah koin
Crazy Dave yang mana koin tersebut bisa dikumpulkan dari Zombie atau bonus pada
saat kita menyelesaikan satu level. Pertanyaannya apakah ada jalan pintas
mengumpulkan koin Crazy Dave lebih cepat? jangan khawatir konsumen bisa
membelinya seharga Rp. 29.000 untuk 5.000 koin hingga Rp. 949.000,- untuk
450.000 koin.
b.
Monetize lewat tanaman, nah jika dalam sekuel
pertama semua tanaman bisa dibeli dengan cara mengumpulkan koin silver atau
gold pada saat memainkan game, di sekuel kedua ini terdapat beberapa tanaman
yang hanya bisa di unlock dengan cara berbayar (Rp. 29.000,- s.d Rp. 39.000,-).
c.
Monetize lewat Upgrade, pengen upgrade slot
tanaman, extra matahari, atau extra seed pada saat bermain? PopCap juga
menawarkan berbagai konten Upgrade berbayar mulai dari Rp. 29.000,- s.d Rp.
39.000,-.
d.
Monetize lewat Bundle, pinternya si PopCap ini
juga mengeluarkan versi Bundle yang mana konsumen bisa membeli paket berbayar
terdiri atas 1 monster, sejumlah koin Crazy Dave, dan Upgrade bonus yang
dibundle dalam satu harga mulai dari Rp. 49.000,- s.d Rp. 95.000,-.
e.
Monetize lewat “key to next level”, bagi pemain yang nggak sabaran ingin cepet ke
level berikutnya nggak perlu berlama-lama ngumpulin poin Star atau Special Key,
karena bisa membeli fitur ini seharga Rp. 19.000,- s.d Rp. 49.000,- dan zap
semua lever (Egypt, Pirate, dan Wild West) terbuka.
4.
Integrasi
dengan online shop
Indikator ketiga
yang menjadi kesuksesan PopCap dalam memonetize konsumennya melalui game sekuel
kedua dari Plant vs Zombie 2 adalah integrasi dengan Online Shop PvZstore.com
yang menjual berbagai merchandise menarik dari Plant vs Zombie 2 untuk para
fans setianya, seperti T-Shirt, Bantal, hingga Jam Tangan, wah kalo fans setia
nampaknya akan sangat tergoda untuk memiliki salah satunya. (dira.illanoor –
2013)