Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Jumat, 27 April 2012

Online Menjawab Solusi Channel Pemasaran


*sumber gambar : www.wix.com

Mau bernisnis, namun terkendala masalah financial khususnya dalam hal alokasi cost untuk pemasaran? Hal tersebut saya kira seringkali dihadapi oleh beberapa orang yang memiliki keinginan untuk berbisnis, bahkan terkadang dihadapi oleh beberapa orang yang sudah mulai berbisnis. Sebelum Era media online booming seperti diketahui para pebisnis memanfaatkan media konvensional (ATL / BTL) sebagai channel promosi atau pemasaran, yang notabene membutuhkan alokasi budget yang cukup besar terlebih bagi para pebisnis baru.

Media online saat ini menjadi sebuah nafas baru bagi kelangsungan sebuah bisnis. Selain media online menjanjikan pangsa pasar yang sangat luas, yang terpenting adalah media online merupakan channel pemasaran yang low cost *(almost free) asal kita tahu media mana saja yang bisa gunakan dan maksimalkan. Begitu juga dengan kemunculan Social Media (Facebook & Twitter) yang saat ini sedang menjadi sang primadona di Indonesia dimana angka active usernya semakin membengkak semakin merangsang kemunculan para pebisnis baru yang memanfaatkan online atau social media sebagai channel promosi dan pemasaran.

Media online menawarkan kemudahan dan peluang baru dalam perkembangan bisnis dengan menjadi solusi channel pemasaran khususnya bagi new business comers yang terkendala masalah financial. Ada banyak media online yang dapat dimaksimalkan untuk dijadikan sebagai channel pemasaran, namun para pebisnis yang memanfaatkan media online sebagai channel pemasaran umumnya menggunakan social media Facebook & Twitter sebagai tools promosi dimana biasanya mereka juga menyediakan mini website seperti Blog sebagai “rumah”.

Social Media Facebook & Twitter merupakan channel promosi yang sangat tepat bagi new business comers dalam mempromosikan dan memasarkan produk, semua kembali lagi pada fakta angka dimana keduanya menjadi trend, Facebook mencapai 70 Juta user dan Twitter 5 juta user. Disamping faktor low cost social media juga menjanjikan hasil high impact, kembali pada bagaimana kita meramu konteks & konten pemasaran yang menarik bagi konsumen

Blogger, Multiply, Wordpress, merupakan media online “gratis” yang seringkali dijadikan “rumah” oleh para pebisnis online, namun terdapat beberapa website yang juga menawarkan pembuatan website gratis *(terhubung pada website developer) seperti salah satunya yang menurut saya cukup menarik untuk dicoba www.wix.com. Berbeda dengan beberapa Blog gratis yang sudah saya sebutkan tadi, wix menawarkan kita kategori free website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita (Business, Consulting, Real Estate, Photography, Fashion, Music, Lifestyles, eCommerce, Food & Drink, Design & Art, Personal, etc) dimana dari masing-masing kategori tersebut sudah memiliki ratusan template format html dan flash based yang bisa kita pilih untuk selanjutnya di edit kontennya.

fungsi Blog atau mini website disini adalah sebagai fondasi bisnis “rumah kita di dunia online”,  khususnya untuk menutupi keterbatasan promosi (informasi) melalui social media, melalui Blog atau mini website kita bisa memberikan informasi yang lebih detail (produk, mekanisme pemesanan, garansi, F.A.Q, contact person, etc), collect database, mencantumkan testimonial konsumen, mencantumkan gambar atau video. Media online juga menawarkan banyak website yang melayani jasa pembuatan Blog atau mini website tinggal bagaimana kita memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kita”.

Diluar social media & Blog yang seringkali digunakan sebagai channel pemasaran, banyak juga para pebisnis mulai merintis usahanya dengan mempromosikannya di beberapa website yang menawarkan jasa promosi dan pemasaran (jual beli) secara gratis. Beberapa diantaranya seperti www.kaskus.us, www.tokobagus.com, dan www.tokopedia.com.

Sebenarnya terdapat banyak channel pemasaran melalui media online yang bisa kita manfaatkan, karena selain Blog dan social media yang sudah saya sebutkan tadi terdapat media lainnya yang bisa dijadikan tools pemasaran. Bagi yang ingin memulai berbisnis melalui media on-line atau memanfaatkan media online sebagai channel pemasaran sekiranya apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan?
1.       Tetapkan Tujuan (Objective)
Penting untuk diperhatikan dikarenakan point ini menjadi fondasi utama saat kita develop online media sebagai channel pemasaran. Sudah pasti main objectivenya adalah melakukan aktifitas promosi dan pemasaran melalui media on-line, bagaimana dengan secondary objective? Hal ini juga perlu kita perhatikan, misalkan (fungsi C.R.M *Costumer Relationship Management, fungsi Public Relations, fungsi Service, Costumer Enggagement, etc).
2.       Persiapkan Konten
Persiapkan seluruh material promosi yang akan dipublish melalui channel media online *(example : informasi mengenai bisnis & produk, photo produk, video tutorial, sistem & regulasi pemesanan,  katalog produk, testimonial, material promo facebook & twitter, etc). Perlu kita ingat bahwa faktor paling penting dalam mempersiapkannya adalah buatlah konten yang tidak hanya sekedar informatif namun juga memiliki daya tarik bagi konsumen.
3.       Pilih Channel Pemasaran Yang Sesuai
Sepeti yang sudah dibahas sebelumnya terdapat banyak channel pemasaran melalui media online, tinggal ditentukan media yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Nah biasanya untuk para new business comers media yang harus dipersiapkan sudah pasti adalah social media (Facebook & Twitter) dan Blog, namu tidak harus terpatok pada dua channel tersebut saja kita juga bisa memanfaatkan channel online lainnya seperti youtube.com, email marketing & E-flyer, forum jual beli, Online Adds, etc. Jika sudah dipersiapkan selanjutnya adalah eksekusi menerapkan material konten yang sudah dipersiapkan kedalam aplikasi social media & Blog.
4.       Kembangkan Lebih Besar
Jika bisnis yang dijalankan berkembang, tidak ada salahnya jika kita mulai mengalokasikan sedikit biaya untuk mengembangkan pemasaran kita melalui media online. Misalkan develop website *(dengan domain sendiri), Online Adds, Adds Banner, menggunakan jasa influencer untuk promosi, atau develop program promo kuiz via Facebook & Twitter.

Saya kira bagi para new business comers media online sepertinya menjadi solusi cerdas dalam mengatasi masalah channel pemasaran, fakta mengenai angka yang sudah saya sebutkan sebelumnya, market share yang luas, dan alokasi budget yang rendah (low) namun dengan impact yang besar (high) merupakan sebuah alasan kenapa mereka harus menjadikan media online sebagai channel pemasaran. (dira.illanoor 27.04.2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar