Bengkel Irit BBM


sumber gambar : google

Hari senin seperti biasanya memulai rutinitas kerja ke Jakarta untuk bertemu dengan beberapa klien, singkat cerita sepanjang perjalanan saya di jalan tol dari Bandung menuju Jakarta pandangan saya kembali terfokus pada sesuatu hal yang menurut saya menarik untuk dijadikan tulisan, adalah spanduk besar yang terpampang di salah satu jembatan penyebrangan yang dilalui oleh tol Cipularang arah ke Jakarta yang saya maksudkan (mohon maap saya tidak ingat KM-nya).

Pertanyaannya apa yang menarik dari sebuah spanduk? paling kontennya berisi informasi atau paling-paling promosi? nah buat yang ngejawab begitu mungkin kalian ada benarnya juga, karena spanduk yang saya lihat itu memang berisi konten informasi dan promosi secara tidak langsung, lalu apa yang berbeda? adalah bagaimana konten tersebut dikemas dengan copywriting singkat namun berhasil menarik perhatian orang dan push to act karena penasaran.

Oke biar nggak nambah bingung iklan yang saya maksud adalah “Bengkel Irit BBM”, jadi yang menarik perhatian saya saat itu adalah sebuah spanduk panjang dan besar berwarna putih yang dipasang di 2 jembatan penyebrangan yang sudah pasti dilalui oleh kendaraan yang hendak ke Jakarta dari Bandung melalui tol Cipularang, dan menariknya dalam spanduk tersebut hanya ada 2 konten yang saya ingat, pertama adalah logo Google, dan kedua adalah Copywriting “Bengke Irit BBM” yang sudah saya sebutkan tadi.

Nah karena sudah saya bilang tadi saya penasaran makanya saat itu juga saya ambil tablet saya dan buka google, lalu menuliskan keyword “Bengkel Irit BBM”, dan tebak apa yang muncul di jajaran 3 teratas google berdasarkan pencarian Keyword tersebut? yup, adalah Provis Auto Sport sebuah bengkel yang melayani berbagai pelayanan salah satunya ya spesialisasi irit BBM untuk kendaraan. Terbayar sudah rasa penasaran saya, dengan demikian melalui tulisan kali ini saya ingin share mengenai kreativitas yang dilakukan oleh Provis dalam hal promotion untuk generate leads, mengkolaborasi metode konvensional dengan digital, langsung saja monggon dibaca gan.

1.       Memaksimalkan Pencarian Google
Digital media saat ini memang menjadi sebuah keharusan bagi pelaku bisnis untuk dimaksimalkan, entah itu develop website, online store, social media, google placement, forum, email marketing atau apapu ini namun intinya adalah Digital media memberikan peluang yang sangat besar dan bisnis kita akan jauh tertinggal jika tidak ikut memaksimalkannya. Contohnya adalah yang dilakukan Provis Auto Sport, mungkin sadar akan besarnya pengaruh media digital dan teknologi dalam pola konsumsi konsumen khususnya dalam mencari informasi yang kemungkinan besar adalah “googling” pake si mbah google, maka nggak heran kalo bengkel yang satu ini mau memaksimalkan mesin pencarian Google untuk keyword keyword tertentu. Nah mungkin karena differensiasi (kompetensi yang ingin ditonjolkan) Provis Auto Sport merupakan spesialisasi setting kendaraan supaya lebih irit BBM, maka keyword yang dipilih untuk dimaksimalkan yang “Bengkel Irit BBM”, saya mungkin kurang memahami bagaimana teknisnya mereka berhasil memaksimalkan keyword tersebut namun intinya secara search engine optimizer (SEO) website mereka berhasil memuncaki pencarian keyword “Bengkel Irit BBM”, selain itu juga diikuti oleh 2 berita dari otoasia.com dan inilah.com. Nah mungkin itu hanya salah satu keyword yang dipilih, realnya mungkin terdapat beberapa iklan google ads atau adword atau penggunaan keyword-keyword selain “Bengkel Irit BBM” yang digunakan oleh Provis Auto Sport untuk memunculkan halaman mereka dalam pencarian google.

2.       Generate Lead Offline
Kalo google ads kan versi onlinenya yah, orang ketik kata kunci (keyword) maka iklan kita muncul deh di halaman pencarian google, nah mungkin kalo boleh saya menyebutkan apa yang dilakukan oleh Provis Auto Sport ini adalah google ads versi offlinenya, he4 kenapa? soalnya mereka mengkolaborasinya secara offline (promosi), dan dari situ berhasil generate traffic (lead), buktinya saya yang penasaran dan googling kata kunci tadi. Nah mungkin ini bisa menjadi contoh bagi pelaku bisnis yang sudah placement google ads atau memakismalkan pencarian google, namun mengkolabirasikannya dengan offline media untuk generate leads.

3.       Konten Copywriting
Point menarik dari promo offline yang dilakukan Provis Auto Sport dalam memperkenalkan keyord “Bengkel Irit BBM” adalah konten copywriting itu sendiri yang singkat namun berhasil menimbulkan penasaran bagi orang yang melihatnya dan push to act, dalam hal ini mencari kata kunci tersebut di mesin google, namun yang terpenting menrutu saya adalah copywriting “Bengkel Irit BBM” tadi sangat mudah diingat oleh orang yang melihatnya, mungkin suatu saat kalo butuh saya akan inget “Bengkel irit BBM” tiba-tiba pada saat lagi dijalan.

4.       Promo Yang Terarah

Promo sih nggak asal promo, cuma bagaimana promosnya kontennya harus menarik (what to offer) yang mana sudah dijelaskan di point sebelumnya, nah sekarang how to offernya juga harus terarah dong untuk target market yang kita pilih, setuju? saya pribadi menilai promo yang dilakukan Provis Auto Sport ini sudah tepat karena menyasar segmen yang sesuai, dalam hal ini adalah pemilik mobil, nah konten promo “Bengke Irit BBM” tadi disampaikan melalui spanduk yang dipasang di jalan tol yang notabene dilalui oleh banyak pemilik mobil setiap harinya. (dira.illanoor – 2013)

Postingan Populer