IPB Bisnis Retail, Ciyus?



Kalo ditanya IPB (Intitut Pertanian Bogor) pada tau dong pastinya? siapa sih yang nggak kenal perguruan tinggi negeri favorit di kota Bogor tersebut, sekarang kalo ditanya IPB jualan bisnis retail pada tahu nggak? nah mungkin diantaranya ada yang menjawab IPB bisnis retail, ciyus? he4 memang sih nggak salah kalo ada yang jawab kayak gitu, soalnya saya juga termasuk sebagai salah seorang yang cukup kaget ketika mengetahui IPB yang saya tahu core bisnisnya fokus di jasa pendidikan ini membuka bisnis retail.

Ceritanya dimulai ketika beberapa waktu lalu ketika saya beres meeting di Jakarta dengan salah satu klien yang kebetulan berkantor di kawasan Office Building Gancit yang lokasinya bersebelahan dengan Mall Gandaria City, saat itu saya dan rekan saya kebetulan menyempatkan diri untuk sekedar window shopping di mall tersebut, singkat cerita fokus saya tertuju pada sebuah toko bernama Serambi Botani, nah yang sempat membuat saya bingung adalah di etalase toko tersebut terpampang jelas logo intitut pertanian bogor.

Namanya juga penasaran, hingga akhirnya saya dan rekan saya masuk kedalam toko tersebut, dan dari perbincangan singkat saya dengan penjaga toko dari situlah saya mengetahui bahwa ternyata Serambi Botani ini merupakan bagian dari Institut Pertanian  Bogor, dimana Serambi Botani ini sendiri diposisikan sebagai pelopor dalam menyediakan produk-produk  lokal alami dan sehat bagi masyarakat. Dan memang benar, pada saat saya berada di dalam toko saya lihat banyak produk-produk alami dan organic yang cukup bervariasi ,seperti diantaranya adalah beras merah organik, mie wortel organik, dan madu hutan yang saya beli.
Dalam tulisan kali ini tentunya saya ingin sedikit berbagi mengenai fenomena Institut Pertanian Bogor yang berbisnis retail dengan membuka gerai Serambi Botani, yang menariknya berdasarkan informasi yang saya dapatkan Serambi Botani ini tidak hanya ada di Mall Gandaria City saja loh namun juga ada di beberapa lokasi lainnya di sekitar kota Jakarta dan kota Bogor. Sekiranya apa saja hal-hal yang bisa dijadikan insight dari fenomena ini, monggo gan langsung saja dibaca.

1.       Hasil kerjasama dengan beberapa binaan LPPM IPB
Awalnya saya menyangka bahwa Serambi Botani ini merupakan bisnis retail yang dijalankan murni oleh IPB dari hulu ke hilir dalam arti semua proses bisnis dilakukan oleh IPB, ketika saya membaca keterangan di beberapa produk yang dijual barulah saya pahami bahwa Serambi Botani ini merupakan salah satu program kerjasama IPB dengan beberapa binaan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). IPB dalam hal ini banyak melakukan penelitian ilmiah dan riset untuk beberapa UKM (usaha kecil menengah) untuk meningkatkan output produk yang bermanfaat dan bermutu. Nah dari sini benang merah yang saya pahami adalah terjadi kerjasama diantara IPB melalui LPPMnya dengan beberapa mitra UKM yang khususnya bergerak dalam bidang produk-produk yang berhubungan dengan produk-produk dari alamm kerjasama yang dimaksudkan adalah IPB dalam hal ini memberikan penelitian dan pembinaan untuk beberapa mitra UKM untuk meningkatkan kualitas dari output produk yang dihasilkan, dan dalam perkembangannya kerjasama ini dillihat sebagai celah potensi bisnis yang besar oleh IPB, buktinya dari beberapa mitra binaan IPB tersebut beberapa diantaranya memproduksi produk-produk olahan makanan, kebersihan, dan kesehatan alami (herbal) untuk IPB dibawah bendera Serambi Botani sebagai brand.

2.       Branding sekaligus Selling
Meskipun bisnis retail yang dikembangkan oleh IPB ini berbendera Serambi Botani namun demikian dalam aplikasinya bisnis ini tidak terlepas dari image IPB sebagai sang pelopor, dengan demikian poin yang bisa diangkat adalah keberhasilan IPB dalam mengembangkan bisnis retail melalui gerai Serambi Botani yang menjual beberapa produk olahan makanan, kebersihan, dan kesehatan memiliki dua keuntungan bagi IPB khususnya, point pertama adalah Branding dimana dalam hal ini image IPB akan terangkat karena melekat pada merk Serambi Botani yang dibangun dengan demikian asosiasi konsumen juga akan terarah pada IPB ketika dihadapkan dengan merk Serambi Botani. Point kedua adalah another income revenue yang bertambah dalam hal ini dari penjualan produk-produk alami dan herbal yang dijual langsung kepada konsumen dan income revenue yang didapatkan dari para franchisor yang berminat bekerja sama dengan IPB membuka gerai Serambi Botani.


3.       Memperkuat Positioning IPB

Point ketiga yang menjadi pembahasan adalah Serambi Botani yang bisa turut memperkuat positing IPB sebagai salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia dengan visi yang saya kutip “menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan”. Benang merahnya adalah, dari kutipan tadi jelas bahwa core competence IPB sebagai salah satu kampus favorit di Indonesia adalah mengkhususkan diri dengan berfokus pada ranah keilmuan di bidang pertanian dan biosains, sementara disatu sisi Serambi Botani merupakan output hasil dari penelitian dan pembinaan IPB kepada beberapa UKM sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, dengan kata lain kedua hal tersebut memiliki arahan yang sama dimana keduanya sinergi memperkuat positioning IPB. (dira.illanoor – 2013)

Postingan Populer