Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Rabu, 31 Juli 2013

Plazapos.com “Konversi Ancaman Menjadi Teman”



sumber gambar : google

Digital Media saat ini nampaknya nggak cuma sekedar “invasi” aja deh namun juga udah semakin membumi khususnya dengan karakteristik konsumen dan nggak hanya itu bahkan Digital Media juga semakin erat kaitannya dengan bisnisnya itu sendiri, dengan demikian bisnis yang sudah dibangun sejak lama mau nggak mau yang harus menyesuaikan diri dengan yang nama Digital Media kalo mau bertahan atau bersaing dengan pesaing lama maupun baru.

Kalo ngomongin mengenai bagaimana Digital Media bisa mempengaruhi jalannya sebuah bisnis, nah mungkin tulisan yang kali ini akan saya bahas memberikan sedikit gambaran. Adalah PT. POS yang kita ketahui sebagai sebuah unit usaha milik negara yang sebelumnya bergerak dalam bidang jasa pengiriman surat (post service), sampai pada akhirnya perkembangan teknologi dan sistem informasi seperti short message service (sms) dan email menjadi ancaman popularitas aktifitas surat menyurat menjadi kurang populer karena dinilai kurang praktis dan lama dibandingkan media-media tersebut, apalagi saat ini social media semakin membengkak hari demi harinya.

Nah yang ingin saya bahas disini sebenarnya lebih pada pengamatan saya mengenai bagaimana PT. POS mengkonversi ancaman dari Digital Media (online) menjadi sebuah unit bisnis baru yang tentunya sudah disesuaikan dan dikombinasikan menjadi sebuah inovasi yang menurut saya cukup cerdas, apakah itu? adalah plazapos.com sebuah online marketplace (e-commerce). Plazapos mengklaim sebagai satu-satunya online marketplace (e-commerce) yang mengintegrasikan antara collecting dan delivery dalam satu pintu, wah menarik bukan? penasaran? langsung aja gan monggo dibaca.

1.       Konversi Ancaman Menjadi Teman
Menurut saya plazapos.com merupakan sebuah upaya dari PT. POS dalam melihat Digital Media (online) bukan sebagai ancaman namun sebagai sebuah solusi baru, buktinya kalo boleh dibilang sebagai sebuah bagian dari unit bisnis baru plazapos.com ini bisa dibilang sebagai sebuah terobosan yang cukup unik dan cerdas. Nah mungkin disini hikmah yang bisa kita ambil adalah dibalik sebuah ancaman tentunya ada sebuah peluang besar yang bisa kita manfaatkan, plazapos.com merupakan salah satu bukti PT. POS dalam memanfaatkan potensi yang diberikan Digital Media (online).

2.       Menyesuaikan Diri Dengan “Zaman”
Point kedua yang bisa kita kutip adalah jika kita ingin bertahan dalam berbisnis salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan diri dengan perkembangan “zaman”, dimana konteks zaman dalam hal ini meliputi perubahan sosial, kebiasaan, hingga perkembangan teknologi dan sistem informasi. Konteks menyesuaikan disini bisa berupa penyesuaian pola berbisnis, penyesuaian platform bisnis, penyesuaian pola promosi, atau penyesuaian produk dengan karakter dan kebiasaan dari konsumen yang juga ikut berubah seiring dengan perkembangan zaman.

3.       Differensiasi Menjadi Kunci
Differensiasi juga menjadi kunci utama yang harus diperhatikan ketika saat kita hendak mengembangankan sebuah bisnis yang benar-benar baru atau menyesuaikan bisnis lama kedalam pola yang baru, hal ini tentunya untuk menjadi kunci kemenangan persaingan dengan kompetitor yang tentunya semakin banyak dan semakin bervariasi, dengan demikian differensiasi ini menjadikan bisnis kita unik. Salah satunya adalah plazapos.com yang menawarkan konsep collect and delivery dalam satu service dan menyajikan produk-produk yang memiliki nilai heritage sebagai core product diluar secondary product yang didominasi produk-produk yang lebih umum. Dua hal itulah yang saya nilai menjadi nilai tambah bagi plazapos.com dalam bersaing dengan online marketplace yang sudah bermunculan sebelumnya.

4.       Kombinasi Dengan Core Bisnis

Penyesuaian bukan berarti harus sesuatu yang baru atau merombak total bisnis kita, namun juga bagaimana kita bisa mengkombinasikan hal baru atau penyesuaian tersebut dengan core competence yang dimiliki bisnis kita, contohnya adalah PT. POS yang memiliki core competence dalam bisnis pengiriman barang (pos) didukung dengan lokasi pos merchant diseluruh Indonesia dikombinasikan dengan online marketplace plazapos.com dimana PT. POS memberikans service kepada konsumen tidak hanya dalam faktor collect produk saja namun juga pengiriman barang (free shipment service), wow tentunya ini menjadi nilai plus bagi konsumen karena bisa mencari barang, melakukan pembayaran, dan pengiriman barang sekaligus dalam satu portal sehingga lebih praktis. (dira.illanoor – 2013)