Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Jumat, 05 Juli 2013

Nggak Mobile Friendly, Konsumen Bakal Pergi


sumber gambar : http://spatrade.com/sites/default/files/business/Mobile-friendly.jpg

                Kalo ngomongin bisnis elektronik (e-commerce) sudah pasti website berbasis online store merupakan sebuah keharusan utama yang perlu dipersiapkan pertamakali, selain tentunya channel lainnya yang bisa kita maksimalkan seperti social media yang saat ini masih cukup booming di Indonesia baik untuk dijadikan sebagai salah satu channel penjualan ataupun media untuk membangun relasi dengan konsumen kita.
                Balik ngomongin website berbasi online store sesaat saya menjadi terlintas mengenai perlunya mobile version dari sebuah website yang memang berbasi online store, sebenarnya hal tersebut dilandasi oleh pengalaman teman saya yang cukup sering membeli barang secara “online”. Saat itu saya menangkap sedikit kekecewaan teman saya yang tidak bisa membuka online store sebuah brand yang diakses melalui smartphone miliknya.

                Kalo bayangin cerita tersebut mungkin ada benernya juga yah, kadang kalo lagi iseng-iseng buka-buka situs tertentu lewat perangkat gadget (smartphone) milik kita beberapa suka ada yang nggak bisa kebuka (non mobile friendly), dan kalo pun sekalinya kebuka loadingnya cukup lama. Nah dari situ timbul sebuah pertanyaan mengenai pentingkan keberadaan sebuah website berbasis online store dalam bentuk mobile version yang tentunya lebih friendly bagi mobile phone kita selaku konsumen? karena kalo dipikir-pikir keputusan pembelian konsumen bisa seketika berubah gara-gara hal ini loh, contohnya teman saya itu yang batal membeli produk dari satu brand hanya gara-gara online storenya nggak bisa diakses lewat smartphone miliknya, kalo ke warnet gimana? jawabannya singkat teman saya sudah males pergi ke warnet, “that show lazy costumer indeed”.

1.       Mobile Penetration
Pertimbangan pertama bagi para pemilik bisnis untuk goes mobile adalah Indonesia merupakan Negara ke 7 dengan pengguna smartphones paling banyak (27 juta jiwa). Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen terhadap 2.400 digital consumer, 78% diantaranya (1872) memiliki perangkat mobile yang bisa mengakses internet. Begitu tingginya kebutuhan konsumen mengenai mobile phone sebagai salah satu media untuk akses informasi berbasis online merupakan sebuah pertimbangan pertama yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis online (e-commerce).

2.       Behaviour Changes
Nah kalo ngomongin yang satu ini kayaknya kita semua ngalamin deh karena secara nggak sadar yang namanya mobile phone itu sudah menjadi bagian socio behaviour masyarakat urban saat ini, pernah nyadar nggak aktifitas yang pertama kita lakukan pada saat mau tidur atau bangun tidur adalah mengambil smartphone kita? bahkan berdasarkan data survey yang saya temukan 40% dari masyarakat kita bermain dulu dengan perangkat mobile phone yang dimilikinya sebelum tidur. Balik ke pembahasan, secara nggak sadar kita sangat ketergantungan dengan yang namanya mobile phones dan menariknya berdasarkan data yang saya peroleh bahwa dari total 60 juta internet user di Indonesia 65% diantaranya cenderung mengaksesnya melalui mobile phone. Nah untuk para pelaku bisnis e-commerce nampaknya angka tersebut merupakan sebuah peluang yang tidak bisa dibuang begitu saja, salah satunya teman saya tadi yang langsung berubah pikiran hanya gara-gara online storenya nggak bisa di akses lewat smartphone, dan hilang sudah satu konsumen.

3.       Online Growth Mean Mobile Growth
Nah kalo untuk yang satu ini saya nilai sebagai dua buah elemen yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, kenapa? karena dalam realitanya perkembangan media online (internet atau social media) biasanya dibayang-bayangi oleh perkembangan (penetrasi) mobile phones, dan hal ini diperkuat oleh fakta sebelumnya mengenai 65% internet user mengakses internet lewat mobile phone. Penjelasan mengenai perkembangan internet dan mobile phone di Indonesia yang cukup sinergi, merupakan sebuah peluang mengenai masih cukup besarnya peluang yang dihasilkan bisnis online (e-commerce) ini, dengan demikian nampaknya mobile version dari sebuah website berbasi online store merupakan hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya dalam memfasilitasi konsumen kita, khususnya dalam memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online. (dira.illanoor – 2013)