Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Rabu, 03 Juli 2013

Learn Business From Money Ball


sumber gambar : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/2/2e/Moneyball_Poster.jpg/220px-Moneyball_Poster.jpg

                Halo, ada yang udah nonton film Monex Ball yang di bintangin sama aktor Holywood Brad Pit? saya coba review deh yah sedikit, intinya film ini bercerita tentang Brad Pitt yang memerankan Bill Beane manager klub Softbal Oakland Athletics yang saat itu dipusingkan dengan sebuah kondisi dimana team yang ditukanginya harus kehilangan tiga pilar pemain kunci Jhonny Damon, Jason Giambi, dan Jason Isringhausen.

                Bagaimana Bill Beane menyelesaikan masalah yang dihadapi klubnya, dibalik kondisi keuangan yang sangat pas-pasan? adalah pertemuannya dengan Peter Merek (Jonah Hill) pada saat kunjungan ke klub Cleveland Indians. Siapa Peter Merek? seorang lulusan ekonomi muda dari universitas Yale dengan ide-ide radikal mengenai bagaimana menilai pemain Softball. Melalui pertemuan singkat inilah Billy Beane bisa menilai potensi yang dimiliki Peter Merek, untuk dijadikan asisten manager sekaligus scout.

                Nah kolaborasi Beane dan Peter ini menjadikan Oackland Athletics menjadi sebuah tim yang kompeten dan kompetitif, bukan karena pemain bintangnya, namun karena dibalik keterbatasan financial yang dimiliki kedua sosok tersebut berhasil memaksimalkan potensi pemain yang murah dan tidak terkenal menjadi pemain yang sangat efektif dan efisien dalam bermain. Apa rahasianya? statisik adalah jawabannya. Mau tau gimana kelanjutan ceritanya? eittss nonton dong filmnya, karena disini saya cuma mau bahas mengenai sebuah pelajaran yang bisa di ambil dari film tersebut.
       
1.       Business Never Runs Smooth
Point pertama adalah business never runs smooth dude, artinya bisnis yang kita jalankan nggak ada yang bisa jalan terus sesuai dengan harapan dan keinginan kita, karena di tengah jalan pasti kita ketemu dengan sebuah masalah yang mengharuskan kita mengubah rencana. Seperti dalam film ini klub yang ditukangi Billy Beane tiba-tiba harus ditinggalkan 3  pemain intinya, yang membuat para petinggi klub kebakaran jenggot dan mencari solusi dengan mendatangkan pemain bintang lainnya. Pernah mengalami hal tersebut? saya yakin para pelaku bisnis sering menghadapi hal tersebut mulai dari awal membangun hinggan mempertahankan, itulah proses dan itulan yang namanya bisnis yang selalu dinamis, dan pelajaran yang bisa kita ambil adalah kita harus sadari dari awal bahwa dalam bisnis tidak ada yang berjalan statis akan terus bergerak mengikuti bagaimana kondisi pasar.

2.       Business Not Only Number, But Also Statistic
Di film ini ditunjukan bagaimana sebuah tim itu tidak hanya mengacu pada seberapa besar kekuatan financial saja, karena kebanyakan percaya dengan kekuatan financial besar akan bisa membangun team yang kuat karena yang di kontrak pemain bintang semua, Billy Beane dan Peter Merek melakukan hal yang berlawanan bukan masalah financial yang diperhatikan dan bukan masalah popularitas bintang seorang pemain yang diperhatikan, namun lebih pada faktor statistik dalam hal ini seberapa besar potensi seorang pemain berhasil memukul, seberapa besar peluang seorang pemain menangkap bola, dan seberapa cepat seorang pemain bisa berlari, dan inilah kunci sukses mereka dalam film ini, dimana mereka berhasil mengumpulkan dan memadukan semua pemain dengan potensi dan peluang statistik yang besar, padahal rata-rata pemain murah, tidak dikenal, dan bahkan usianya sudah tidak lagi muda.

3.       Right Man On Right Place, Right Decission On Right Time
Pelajaran ketiga yang bisa diambil adalah Billy Beane dan Peter Merek berhasil melakukan dua hal, pertama place right man on the right place, and kedua right decission on right time, kedua hal itulah yang menjadi modal kesuksesan Oackland Athletics menjadi tim yang hebat. Seorang pelaku bisnis harus cermat melihat potensi yang dimiliki oleh armada sumber daya manusia (team) yang dimiliki menempatkan sesuai dengan potensi dan kelebihan yang dimiliki, selain tentunya diberikan bimbingan dan pelatihan supaya menjadi lebih hebat. Selain itu juga pelaku bisnis harus cermat dalam melihat setiap keputusan khususnya untuk dijadikan landasan dalam membuat sebuah keputusan besar.

4.       Courage Is A Must
Keputusan sang pelatih Billy Beane yang percaya pada hitungan dan analisa Peter Merek akan seorang pemain berdasarkan hitungan angka statistic sempat ditantang oleh banyak orang termasuk sang pelatih, scout, dan beberapa jajaran direksi karena mereka menilai Softball is Sport not a Statistic, Softball cannot relay on Statistic. Nah keberanian sang manager ternyata terbayar lunas ketika teamnya berhasil membuat rekor kemenangan beruntun yang spektakuler, selain itu juga sang manager ditawarkan kontrak besar oleh sebuah klub pesaing. Apa pelajaran yang bisa kita ambil? seorang pelaku bisnis seringkali dihadapkan oleh dua pilihan yang masing-masing tentunya memiliki resiko? nah sebagai pelaku bisnis sejati kita harus siap dengan segala resiko makanya butuh keberanian besar dong, karena bikin bisnis aja udah butuh keberanian, setuju? (dira.illanoor – 2013)