Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Sabtu, 13 April 2013

Gagal Bukan Akhir Segalanya




                 Ngomongin bisnis, kalo dianalogikan sebagai sebuah jalan, dalam perjalanannya sudah pasti akan banyak menemukan belokan yang tajam, turunan yang tajam, sampai dengan batu kerikil. Yes, it’s business, hampir sama dengan kehidupan seseorang perjalanan bisnis pastinya akan menemukan banyak rintangan dan halangan karenanya bisnis selalu bergerak dinamis seiring dengan perkembangan zaman, perubahan perilaku konsumen, dan persaingan diantara pelaku bisnis lainnya.

                Banyak yang memutuskan turun untuk berbisnis, namun sayangnya harus kandas ditengah jalan dikarenakan mereka belum siap sepenuhnya khususnya secara mental, kalo kita cermati sosok-sosok pengusaha sukses di Indonesia rata-rata diantaranya pernah mengalami atau memulainya dari kegagalan kok, namun bagaimana dari kegagalan tersebut mereka berhasil bangkit menjadi sukses. Saya memang untuk saat ini masih belum memiliki pengalaman sebagai pebisnis, namun berdasarkan pengalaman saya ngobrol dengan tema-teman saya yang kebetulan sudah lama berbisnis, dan sedikit referensi dari bacaan mengenai cerita sukses pelaku bisnis, disitu saya menyimpulkan bahwa gagal dalam sebuah bisnis bukanlah akhir dari segalanya namun merupakan permulaan dari kisah sukses kita, nah apa saja yang harus kita tahu dan persiapkan untuk bisa sukses dari sebuah kegagalan?

1.       Don’t Panic
Panik merupakan hal pertama yang kemungkinan akan dirasakan oleh seorang pebinsis ketika menemui sebuah kondisi ketika rencana yang dipersiapkan tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan terlebih jika pelaku bisnis tersebut masih startup. Sebenarnya ketika kita memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis sudah seharusnya kita harus siap dengan segala bentuk resiko yang akan dihadapi, itu sebabnya kenapa seseorang yang memutuskan untuk berbisnis harus memikirkan segala bentuk kemungkinan yang akan dihadapi (positif maupun negatif) sehingga sudah siap dengan segala bentuk antisipasi ketika harus menghadapi kondisi-kondisi yang diprediksi akan dihadapi.

2.       Evaluasi
Hal kedua yang harus dilakukan ketika kita menghadapi sebuah kegagalan dalam menjalankan bisnis adalah evaluasi, disini kita melakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai penyebab dari kegagalan tersebut dari segala sudut pandang tentunya. Selain itu aspek positif dari keberhasilan bisnis kita pun perlu untuk dievaluasi, tujuannya untuk dijadikan sebagai acuan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang akan dihadapi kedepannya atau bahkan dijadikan sebagai acuan bagi kita ketika membangun kembali sebuah bisnis untuk tidak memasuki lubang yang sama. Perlu di ingat bahwa untuk melakukan sebuah evaluasi kerja kita tidak harus menunggu sampai kita menghadapi kondisi-kondisi tertentu, namun ada baiknya jika evaluasi dilakukan secara berkala sebagai langkah antisipasi dini, jika kita menemukan sesuatu hal yang salah segera perbaiki sebelum menjadi besar dan merambat ke aspek lainnya.

3.       Plan B
Always prepared Plan B, banyak yang bilang dalam setiap langkah atau keputusan yang kita buat perlu dipersiapkan backup plan untuk dijadikan solusi instant jika rencana awal yang kita siapkan berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Setelah kita mengetahui segala kemungkinan yang mungkin akan dihadapi, selanjutnya adalah kita membuat rencana alternatif jika rencana yang kita jalankan sebut saja tidak sesuai dengan yang kita inginkan, semakin banyak rencana cadangan akan semakin baik karena kita sudah siap dengan berbagai kondisi yang mungkin akan terjadi tentunya dengan beberapa alternatif solusi yang sudah kita perkirakan.

4.       Fail = Good Lesson
Mungkin ini hanya salah satu sikap yang harus juga ditanamkan dalam diri seorang pelaku bisnis “sometimes fail is a good lesson”, kegagalan menjadi sebuah pelajaran yang berharga? setuju? buktinya memang begitu koq, saya sempat membaca sebuah buku mengenai sosok-sosok entrepreneur yang suskes di usia muda, namun bukan kisah sukses mereka menjadi pengusaha yang disoroti namun mengenai bagaimanan proses mereka bisa menjadi sukses yang harus melalui berbagai liku-liku yang sangat berkelit, bahkan rata-rata mereka yang sukses harus melalui 3 – 5 kali kegagalan dalam bisnis hingga pada akhirnya sukses. Pelajaran yang bisa saya ambil disini adalah ketika kegagalan menjadi pelajaran bagi kita dalam membentuk mental baja dan bangkit tentunya dengan segudang informasi untuk mencegah kegagalan tersebut kembali kita alami. Nah bukan berarti orang sukses harus gagal dulu yah, intinya mungkin banyak pelaku bisnis di awal kemunculannya mengalami yang namanya kegagalan, namun bagaimana kegagalan tersebut dijadikan sebagai pegangan untuk tidak terjatuh kedalam lubang yang sama dan sebuah motivasi tentunya bahwa dari kegagalan tersebut kita pasti akan sukses, seperti sebuah perumpamaan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, tinggal balik lagi ke kita mau ditunda berapa lama? He4.(dira.illanoor – 2013)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar