Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Jumat, 18 Januari 2013

Promo Gratisan Dengan Menggandeng Media



sumber gambar : http://marillesblog.files.wordpress.com/2011/07/mass_media.jpg

             Ngomongin Media nih (mau itu media cetak, elektronik, atau konvergensi), setuju nggak kalo media itu memiliki 2 kekuatan yang sangat penting bagi sebuah brand? 2 kekuatan yang saya maksudkan adalah audience (pembaca, pendengar, penonton) dan area coverage (jangkauan yang sangat luas). Dengan adanya 2 kekuatan tersebut tidak aneh jika banyak brand-brand skala loka maupun nasional seringkali menggunakan media sebagai partner promosi (branding) kenapa? selain karena dua hal tadi adalah media memiliki segmen / target market sendiri sehingga kita bisa memilih media mana yang sesuai dengan segment / target market brand kita, juga dikarenakan untuk promosi melalui media yang sifatnya “berita” akan lebih diterima oleh masyarakat dikarenakan kontennya “softselling” dan terdapat konten informasi “berita”.
                Media kadang bagaikan dua sisi mata uang koin karena dibalik dua kekuatan dan alasan kenapa brand-brand skala lokal maupun nasional mau menggunakan media sebagai channel branding, hal yang menjadi nilai minus adalah alokasi budgeting yang dibutuhkan biasanya sangat besar. Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada cara bagaimana kita menggandeng media secara “gratis” sehingga kita bisa melakukan aktifitas promsi “branding” melalui media tersebut. Perlu di ingat bahwa “gratis” dalam hal ini adalah kita tidak mengeluarkan cost sama sekali untuk melakukan placement di media tersebut, karena alokasi budget di alihkan terhadap sebuah program brand activation yang biasanya cenderung lebih murah jika dibandingkan nilai yang kita dapatkan dari pemberitaan yang di publish oleh media tersebut. Apa saja kira-kira upaya “gratisan” yang bisa kita lakukan? monggo dibaca.

1.       Barter Promo
Sekarang ini kan sedang hangat-hangatnya Social Media booming di Indonesia, salah satunya twitter yang kini banyak digunakan sebagai channel promosi. Nah ngomongin promosi via twitter kita bisa menggandeng account-account yang sifatnya “promoted oriented” untuk aktifasi online barter promo. Misalkan sebuah account brand atau community based saling mention atau merekomendasikan account media partner yang di ajak kerjasama, nah keuntungan yang kita dapatkan selain event kita di promosikan dan dibaca oleh follower media partner juga ada kemungkinan akan menambah jumlah follower kita.

2.       Media Parter
Hal ini biasanya lumrah dilakukan oleh brand atau event organizer yang kerap mengajak media sebagai “media partner” dalam sebuah kegiatan brand activation yang diselenggarakan, dimana biasanya kerjasama “simbiosis mutualisme” ini lebih difokuskan pada kerjasama barter promo dimana media yang di gandeng akan mempromosikan event yang diselenggarakan tersebut dimana feedback yang diberikan oleh penyelenggara event adalah mencantumkan logo media yang digandeng tersebut di seluruh material promosi yang di produksi (flyer, spanduk, billboard, baligho, t-shirt, roll banner), diluar itu biasanya terdapat kesepakatan open table atau addlips.

3.       Press Release
Press Release ini biasanya berisi mengenai informasi mengenai program brand activation yang akan kita selenggarakan dalam waktu dekat atau bisa berupa berita mengenai brand activation yang sudah diselenggarakan. Press Release yang ini biasanya ditujukan kepada media-media besar baik media cetak dan elektronik, nah supaya media tertarik untuk hadir dalam event kita untuk liputan dan mempublishnya. Kuncinya ada pada konten press release itu sendiri dimana harus menarik (memiliki nilai berita), dimana tentu saja hal ini berhubungan dengan konsep brand activation yang akan kita selenggarakan.

4.       Press Conference
Aktifitas ini lumrah dilakukan pra atau pasca event, tujuannya kita mengundang beberapa teman-teman media untuk menghadiri acara press conference yang diselenggarakan dengan konsep gathering. Dalam acara ini biasanya akan ada perwakilan dari brand atau event organizer penyelenggara yang akan memberikan informasi secara langsung mengenai program brand activation yang akan diselenggarakan tersebut, selain itu juga semua media yang diundang diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung seputar brand activation tersebut. Kuncinya dalam strategi ini adalah kita menyelenggarakan sebuah brand activation yang unik, menarik, dan memiliki nilai jual berita.

5.       Gathering
Gathering disini tidak hanya sekedar menitik beratkan pada menjalin hubungan baik dengan media saja, namun juga dalam konteks lainnya salah satunya gathering yang ditujukan untuk meningkatkan kualifikasi dari para punggawa media (wartawan). Salah satu contohnya banyak brand-brand skala nasional yang menyelenggarakan sebuah aktifasi pelatihan jurnalistik untuk media dimana tentu saja peserta yang dilibatkan adalah wartawan dari beberapa media nasional, feedback yang didapatkan dari event ini selain tentunya terbangun hubungan harmonis dengan para wartawan adalah nilai berita “liputan” dari event tersebut yang bisa ikut mendongkrak brand kita (dira.illanoor - 2013).