Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Kamis, 06 Desember 2012

Strategi Gerilya - Location Based Advertising



sumber gambar : google

Ada yang tau Location Based Advertising (L.B.A)? kayaknya kita khususnya sebagai salah satu pengguna provider dalam kondisi-kondisi tertentu pernah mendapatkan sms dengan nomer khusus yang pada intinya konten dari sms tersebut merupakan informasi yang sedikit banyaknya merupakan konten promosi, misalkan saat kita berada di kawasan bandara atau di kawasan mall tiba-tiba kita mendapatkan sms yang isinya promosi diskon potongan harga ataupun informasi-informasi lainnya yang secara general biasanya iklan-iklan promosi. Nah ngobrolin Location Based Advertising melalui tulisan ini saya hanya ingin sedikit berbagi mengenai point-point apa saja yang harus kita perhatikan jika akan bergerilya melalui Location Based Advertising.

·         Spesific Segmen
Point pertama yang menjadi keunggulan dari Location Based Advertising adalah spesifict target market (segmen), why? alasannya adalah karena service Location Based Advertising ini di provide oleh jasa telekomunikasi (provider) yang notabene mengantongi database dari para pengguna jasa provider mereka yang diharuskan melakukan registrasi. Sehingga ketika kita hendak menggunakan jasa Location Based Advertising kita memiliki dua pilihan, dimana option pertama adalah melakukannya secara massive dan gerilya dalam artian tidak pandang bulu semua konsumen si provider kita garap. Atau dengan option kedua kita bisa melakukan filter dimana iklan yang akan kita release melalui Location Based Advertising hanya akan di blast (dikirimkan) kepada segmen yang lebih spesifik, misalkan khusus untuk konsumen yang domisilinya di Bandung, khusus untuk konsumen yang kebetulan berada di mall atau lokasi tertentu, atau berdasarkan usia dan jenis kelamin. Semuanya kembali kepada tujuan awal dari promosi yang akan kita lakukan, atau seberapa besar alokasi budget yang kita alokasikan untuk beriklan melalui Location Based Advertising.

·         Powerfull Content Copywriting
Hampir sama dengan Twitter yang terkendala dengan keterbatasan 140 karakter yang kadang mengharuskan kita berpikir cukup jeli bagaimana memaksimalkan 140 karakter tersebut untuk bisa menyampaikan informasi atau promosi kepada follower kita. Begitupun dengan Location Based Advertising sedikitnya terkendala dengan keterbatasan space informasi yang akan disampaikan kepada konsumen, dengan demikian bagi yang akan beriklan melalui jasa Location Based Advertising point yang paling penting adalah powerfull konten of copywriting (yang penting adalah bagaimana konsumen tertarik dengan informasi yang kita tawarkan sehingga mereka mau membeli, mengunjungi toko kita, atau mengklik link yang kita share), nah sebagai alternatif untuk antisipasi keterbatasan konten informasi hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencantumkan link-link tertentu yang bisa mendirect kepada jaringan online yang kita miliki (social media, blog, website, landing pages, etc), terlebih dengan penetrasi teknologi smart phone, balckberry, dan pc tablet yang semakin menjadi di masyarakat menjadi solusi bagi kita untuk menyampaikan informasi sedetail mungkin kepada konsumen di balik keterbatasan space kontent dari Location Based Advertising.

·         Combine With Offline & Online
Nah jika di point sebelumnya saya sudah seikit menyinggung mengenai masukan unsur online dalam iklan Location Based Advertising, misalkan dengan mencantumkan link-link tertentu sehingga konsumen yang sudah terpersuasi dengan konten copywriting akan di direct kepada jaringan online yang kita miliki, sehingga bukan tidak mungkin jika kita bisa memiliki database mereka selain menyampaikan lebih banyak informasi / promosi kepada konsumen. Berlainan dengan online, faktor offline lebih pada penggabungan beriklan melalui Location Based Advertising dengan aktifitas promosi on store, misalkan dalam material iklan Location Based Advertising yang kita blast terdapat penawaran “dapatkan diskon 15% dengan menunjukan sms ini pada saat berbelanja di toko”, nah hal ini merupakan upaya mengkonversi calon konsumen menjadi konsumen dari iklan yang sebelumnya dibaca.

·         Shorten Link For Measurement
Jika kita mencantumkan link-link khusus dalam material iklan yang kita blast, ada baiknya jika kita menggunakan service-service tertentu untuk memperpendek link kita tersebut salah satunya yang saat ini cukup menjadi trend adalah bitly. Selain kita bisa menghemat space iklan Location Based Advertising yang terbatas, melalui link yang sudah di berikan sentuhan bitly tersebut kita bisa melakukan pengukurang secara spesifik (measurement) untuk mengetahui sejauh mana efektifitas promosi yang kita lakukan tersebut.

·         Consistency
Point terakhir yang perlu diperhatikan menurut saya pribadi adalah konsistensi, dalam hal ini jika kita hendak melakukan promosi melalui Location Based Advertising, maka aktifitas tersebut harus dilakukan secara konsisten walaupun hanya dalam jangka pendek.(dira illanoor - 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar