Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Selasa, 13 November 2012

Portal Berita Digital vs Konvensional



sumber gambar : google

            Kapan terakhir kali kita membaca koran? nampaknya sudah lama saya tidak membaca koran, kalau pun membaca koran lebih bersifat accidental (tidak menyengajakan membeli koran). Kemajuan teknologi informasi nampaknya sedikit banyaknya sudah merubah pola konsumsi berita di masyarakat, karena saat ini di era digital banyak bermunculan portal-portal berita digital bahkan beberapa media konvensional pun mulai berbenah diri menggarap ranah portal digital. Belum lagi fasilitas teknologi yang semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses portal berita digital tersebut kapan saja dan di mana saja, sehingga tidak aneh jika masyarakat kini lebih memilih portal berita digital dibandingkan media konvensional walaupun memang masih terdapat masyarakat yang memilih media konvensional sebagai pilihan, atau bahkan memilih keduannya. Berkaca pada keadaan tersebut mungkin saya ingin sharring sedikit mengenai keberadaan portal berita digital yang kini lebih banyak dipilih dibandingkan portal berita konvensional.

1.       Fast Update Content
Hal paling mendasar dari portal berita digital dibandingkan dengan media konvensional adalah keunggulan dalam percepatan update konten berita, dimana melalui media digital memungkinkannya untuk menginformasikan sebuah berita yang terjadi secara langsung kepada pembaca. Di era digital ini juga masyarakat kini semakin dipermudah dalam berpartisipasi menjadi jurnalis lepas (citizen journalism) untuk bisa berbagi sebuah berita mengenai kejadian atau fenomena yang terjadi di maysarakat, dan hal ini menjadikan portal berita digital lebih cepat dan aktual dibandingkan media konvensional yang membutuhkan waktu produksi minimal sedikitnya 1 hari sebelum berita tersebut bisa disampaikan kepada pembaca. Dengan demikian banyak yang menjadikan portal berita digital sebagai pilihan utama para pembaca yang senantiasa membutuhkan informasi cepat dan aktual.

2.       Terasosiasi Kedalam Social Media
Era Website 3.0 yang merupakan era content sharring kini memungkinkan berita yang di akses secara digital oleh pembaca bisa di sharring secara langsung melalui account-account social media pribadi (facebook & twitter) atau bisa di sharring melalui fasilitas push email. Berbeda dengan media konvensional yang tidak memungkinkan hal itu terjadi terkecuali penyampaian dilakukan melalui mulut ke mulut atau menyerahkan bentuk fisik dari berita tersebut.

3.       Direct Feedback
Berita-berita yang disampaikan secara digital bisa secara langsung mendapatkan respon (feedback) dari pembacanya karena biasanya berita-berita tersebut sudah disertai fasilitas posting comment bagi pembaca yang ingin menuliskan komentar akan berita tersebut, berbeda dengan media konvensional yang dimana feedback ini tidak bisa dilakukan secara langsung (delayed feedback) dikarenakan seperti yang sudah disinggung sebelumnya terkendala oleh proses produksi.

4.       Media Platform
Kemajuan teknologi internet sebagai fondasi utama portal berita digital juga didukung oleh perkembangan teknologi pendukung salah satunya perlengkapan eletronik yang sudah support akses internet. Gadget yang kini semakin merajalela di pasaran diantaranya (smart phones, blackberry, dan tablet pc) menjadi stimulus utama banyak di aksesnya portal berita digital oleh masyarakat, sehingga tidak aneh jika beberapa media konvensional yang sudah mendevelop maupun yang sedang mendevelop versi digital juga mempersiapkan portal berita digital dalam berbagai platform sehingga berita mereka bisa di akses oleh pembaca kapan saja (praktis) melalui fasilitas gadget yang dimilikinnya. (dira.illanoor – 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar