Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Rabu, 10 Oktober 2012

5 Peluru Kemenangan Sang Sales Force



sumber gambar : google.com

              Ada cerita menarik nih, kebetulan beberapa waktu lalu saya menemani paman saya pergi ke sebuah dealer mobil sebuah brand ternama. Nah paman saya yang memang sudah memiliki rencana untuk membeli sebuah kendaraan dari jauh-jauh hari pada waktu itu mengajak saya yang kebetulan sedang berkunjung ke rumahnya. Singkat cerita beberapa dealer brand-brand ternama kami kunjungi, berbagai jenis mobil kami lihat, sampai pada akhirnya sore itu nasib mempertemukan saya dan paman dengan salah seorang sales force merk mobil terkenal asal negeri sakura.

                Topik yang ingin saya bahas melalui tulisan ini adalah mengenai bagaimana upaya sang sales force tersebut khususnya dalam meyakinkan paman saya untuk membeli produk yang ditawarkannya tersebut. Seorang sales force dengan keunggulan “5 peluru” yang berhasil dia “tembakan” kepada paman saya sehingga pada akhirnya beliau memutuskan untuk memilih dan membeli produknya tersebut.

                Nah mungkin ke 5 peluru yang akan saya bahas ini merupakan hasil dari pengamatan saya yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran khususnya bagi para sales force yang ingin meningkatkan volume penjualannya dalam “mengkonversi” konsumen potensial, atau bahkan bisa dijadikan standarisasi bagi para pemilik brand yang menginginkan tim salesnya memiliki daya pikat maksimal sehingga konsumen mudah terbuai dan mau membeli produk yang ditawarkan oleh tenaga penjual mereka. Apa saja 5 peluru yang  harus dimiliki oleh sales force sejati? silahkan saja langsung dibaca.

1.       Peluru 1# Product Knowledge
Peluru pertama yang harus “ditembakan oleh” sales force kepada konsumen adalah PRODUCT KNOWLEDGE dalam hal ini seorang sales force diharuskan semaksimal mungkin menjelaskan kelebihan dari produk kita sedetail mungkin kepada konsumen, dan pastikan konsumen amaze atas apa yang kita jelaskan.

“pak mobil ini pake teknologi front wheel drive & mesin vvt-i sehingga lebih irit dan bertenaga, kapasitas penumpangnya juga lebih banyak, interiornya juga sangat ekslusif pak, nah kalo dari segi keamanan mobil ini sudah dilengkapi teknologi EBS & ABS, bentuk body sangat sporty sehingga terlihat lebih elegan terlebih kalo bapak pilih warna silver atau hitam metalic”

2.       Peluru 2# Compare
Setelah peluru pertama, peluru selanjutnya yang harus kita “tembakan” adalah COMPARE (membandingkan) yang dalam hal ini adalah kita membandingkan produk kita dengan produk pesaing (kompetitor). Nah menarikanya disini adalah sang sales force harus cerdik menggunakan keunggulan produknya dibandingkan produk pesaing sebagai kekuatan, namun disatu sisi harus juga berhati-hati “menyamarkan” kekurangan produk kita dibandingkan produk pesaing, jangan sampai upaya membandingkan ini menjadi boomerang baginya.

“wah pak kalo mobil ini efisiensi bahan bakarnya 1 : 12 lebih irit dibandingkan mobil merk lain yang rata-ratanya membutuhkan konsumsi bahan bakar 1 : 16,  mobil ini juga memiliki kelebihan teknologi kunci i-mobile anti maling yang tidak dimiliki oleh kompetitor lho pak, kalo dari segi keamanan jangan khawatir mobil ini sudah dilengkapi teknologi ABS & Air Bag yang tidak dimiliki oleh mobil sekelas dari kompetitor”

3.       Peluru 3# Testimonial
Peluru ketiga yang harus “ditembakan” adalah TESTIMONIAL, yang dalam hal ini adalah kita menceritakan pengalaman-pengalaman positif dari konsumen yang sudah membeli produk kita, bahkan jika perlu kita ceritakan pengalaman-pengalaman negatif pesaing dari konsumen yang akhirnya beralih ke produk kita.

“pak kemarin ada konsumen saya yang langsung bela-belain menjual mobil sebelumnya demi untuk membeli mobil ini lho, kemarin juga ada saudara saya yang nyesel beli mobil pesaing selain boros juga karena harga jualnya anjlok, bahkan saat sudah beralih ke mobil ini mereka mengaku memang lebih irit konsumsi bahan bakarnya”

4.       Peluru 4# After Sales Service
Peluru keempat bernama AFTER SALES SERVICE, bagaimana kita menawarkan service ekstra kepada konsumen yang membeli produk kita yang dalam hal ini adalah keuntungan-keuntungan yang didapatkan konsumen jika membeli produk kita.

“kalo bapak pesan hari ini maka bapak nanti berhak mendapatkan free service hingga 300.000 KM dan include free ganti oli  di seluruh dealer milik kami di indonesia, nah kalo bapak tidak punya banyak waktu luang untuk service jangan khawatir bapak bisa hubungi line phone nanti tim kami akan datang ke rumah bapak membantu membawakan kendaraan ke dealer untuk di service”

5.       Peluru 5# Bonus
Peluru terakhir adalah BONUS, yang dalam hal ini menawarkan special offer khusus untuk konsumen kita yang membeli produk kita. Siapa kira-kira konsumen yang tidak tergiur dengan berbagai penawaran special jika membeli produk tertentu? terlebih jika offering tersebut sangat berhubungan dengan produk yang dibelinya.

nah pak karena kita lagi promo nih, kalo bapak membeli mobil ini sekarang dengan harga yang sudah saya tawarkan tadi bapak bisa mendapatkan bonus cashback sampai Rp. 1.000.000,-, free parking sensor, free film kaca v-cool, dan karpet beludru lho pak, nah kalo bapak bayarnya cash bapak bisa dapatkan undian berhadiah iPad2, jadi bagaimana pak? berminat”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar