Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Senin, 28 Mei 2012

Nusantara Beta “masterpiece anak bangsa promosikan pariwisata Indonesia”



Musim liburan memang masih beberapa bulan lagi tapi yang memiliki rencana liburan saya kira tidak ada salahnya jika mulai merencanakannya dari sekarang supaya persiapannya lebih matang. Ngobrolin liburan seringkali kita terjebak dengan rencana liburan kita muali dari kita bingung menentukan tujuan wisata kita, bingung mencari informasi wisata tujuan kita, hingga fasilitas pendukung liburan (akomodasi). Nah nampaknya kini para traveler bisa sedikit bernafas lega, adalah Nusantara Beta sebuah Aplikasi Travel Guide dan Direktori Pariwisata (mobile application travel guide) hasil karya anak bangsa yang patut dibanggakan, sebuah aplikasi yang mampu menjadi solusi bagi para traveler domestik maupun para pelancong dari luar.

Ada yang tau Nusatara Beta? berdasarkan informasi yang saya dapatkan di website reminya, Nusantara Beta merupakan Aplikasi Travel Guide dan Direktori Pariwisata Indonesia hasil dari pengembangan aplikasi native sebagai implementasi Mobile GIS (Geographic Informastion System) berbasi Location Based Service (LBS) yang bisa di instal pada Smartphone Android dan Blackberry. Aplikasi yang dikembangkan terintegrasi dengan Foursquare dan Google Maps ini bisa memberikan informasi 370 lokasi pariwisata terdekat dengan lokasi user, termasuk detail objek wisata (review objek wisata, website pendukung, komentar & tips, peta & driving direction), dan beberapa informasi pendukung (penginapan, kuliner, tempat keadaan darurat).

Semakin oke Nusantara Beta kini memiliki fitur Integrated dengan Social Media (Facebook, Twitter, Tumblr) sehingga user bisa share informasi wisata dan parisiwsata via Social Media. User juga bisa berbagi mengenai cerita dan pengalaman pribadi saat berwisata dengan fitur Ceritakan Negerimu. Lho koq jadi promosi gini yah, ya nggak ada salahnya juga kan sedikit promosi mengenai master piece hasil karya anak bangsa. Soalnya saya bangga sama terobosan yang dilakukan oleh Tim Pengembang Nusantara Beta yang baru saja menjuarai kompetisi ALVION (Alpha Innovation). Nah mending sekarang kita coba bahas sedikit dari konteks marketing.

·         Walaupun saat ini banyak kita temukan web based yang menjadi portal dalam hal informasi seputar pariwisata & travel guide, rasanya selain memiliki home web based & Social Media sebagai channel promosi dan komunikasi, Nusantara Beta ini memiliki keunggulan dalam hal mobile aps version dimana aplikasi ini bisa di akses melalui gadget / smartphone Android dan Blackberry *ios version on development, terintegrasi dengan Social Media, dan fasilitas LBS (Location Based Service) yang ditawarkan.

Sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika lambat laun ketika aplikasi ini semakin dikenal oleh publik akan menjadi pilihan utama sebagai referensi Travel Guide dan Informasi Pariwisata di Indonesia yang selama ini mengandalkan media online (googling beberapa dari jutaan portal online penyedia informasi pariwisata & travel guide, dan beberapa media konvensional seperti salah satunya majalah). Sifat orang Indonesia yang lebih cenderung mengutamakan praktis bisa jadi alasan utama mereka memilih Nusantara Beta sebagai referensi, tinggal selanjutnya tim pengembang mempersiapkan konten yang benar-benar berkualitas.

tinggal hanya masalah waktu hingga Nusantara Beta ini diakses oleh banyak orang terlebih penetrasi teknologi khususnya smartphone di Indonesia cukup signifikan perkembangannya didukung keberadaan Social Media saat ini menjadi primadona diakses oleh hampir 5 juta jiwa (twitter) dan 18 juta jiwa (facebook)

·         Seperti yang sudah disebutkan penetrasi smartphone saat ini cukup tinggi tingkat penjualan smartphone terus mengalami pembengkakan tahun ke tahun, sehingga Nusantara Beta yang saat ini baru di develop untuk Android & Blackbery merupakan sasaran empuk bagi masyarakat urban yang cukup “gadget” yang kemungkinan mayoritas termasuk usia user aktif Social Media (Facebook & Twitter). Walaupun saat ini saya tahunya aplikasi yang diddevelop oleh beberapa mahasiwa ini non profit mungkin kedepannya dengan dengan adanya fakta yang sudah disebutkan bisa dijadikan sebagai peluang sumber income *kita sama-sama garis bawahi, tentu saya harap tidak menjadi komersil namun jika untuk kepentingan pengembangan aplikasi ini menjadi lebih baik kenapa tidak.

bisa di akses dimana saja (praktis) melalui smartphone (support Android & Blackberry) dan terintegrasi dengan Social Media memungkinkan akan membentuk sebuah community engagement, terlebih Nusantara Beta menawarkan fitur interaksi via Social Media. Bagi para pelaku bisnis pariwisata rasanya perlu memandang kondisi ini sebagai sebuah celah promosi yang tepat

·         Selain aplikasi ini bisa mempromosikan pariwisata di lokal yang belum sepenuhnya tercium oleh para wisatawan lokal, saya kira juga bukan hal yang tidak mungkin jika aplikasi ini bisa berkibar di ranah Internasional berkontribusi dalam mempromosikan Indonesia yang kaya akan budaya dan lokasi wisata. Sederhananya jika aplikasi ini bisa berkontribusi terhadap promosi pariwisatan di Indonesia diharapkan akan juga berkontribusi terhadap semua instrumen dari industri wisata dan pariwisata Indonesia.

Menarik memang Nusantara Beta ini sebagai sebuah hasil karya anak bangsa yang bangga akan potensi wisata dan pariwisatan di tanah airnya sendiri, sebuah master piece yang memiliki banyak potensi menarik kedepannya. Sebuah karya yang tidak hanya menyadarkan kita mengenai potensi wisata dan pariwisata lokal, namun juga sebuah master piece yang bisa melambungkan nama Indonesia di mata International khususnya dalam konteks wisata dan pariwisata. Saya bangga menjadi bagian dari Tanah Air tercinta Indonesia. (dira.illanoor - mei 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar