Prolog Dari Penulis

Menulis bisa membuat kita terus berpikir, belajar, dan berproses. Melalui blog ini saya hanya ingin share sedikit mengenai tulisan-tulisan yang dibuat supaya lebih bermanfaat, semoga tulisan saya bisa memberikan insights dan bisa menjadi inspirasi bagi yang membaca.

Jumat, 27 April 2012

TRADEMARK Angkat Usaha Rumahan Ke Skala Industri


*sumber gambar : trademarkevent.com

Ada yang tau event Trademark? sebuah event yang mengumpulkan enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif dalam satu tempat. Nah untuk skala Bandung sendiri kalo saya tidak salah event ini sudah diselenggarakan sekitar 2 kali tepatnya Februari dan November 2011, dan dari kedua event tersebut menurut saya Trademark selalu berhasil menyelenggarakan event tersebut *(konteks encourage & stimulate pelaku bisnis kreatif untuk muncul berpartisipasi dalam event dengan juga mendatangkan costumer (market potensial) dalam jumlah besar).

                Trademark yang memang memiliki visi untuk mengubah bisnis kreatif dari skala rumahan menjadi skala industri ini berupaya menjadi sebuah media (komunikasi & aplikasi) bagi para pelaku bisnis kreatif skala lokal. Tujuannya saya kira sudah jelas selain memperkenalkan bisnis kreatif kedalam skala lebih besar juga seperti yang sudah sempat saya sebutkan sebagai media encourage & stimulate para pelaku bisnis kreatif termasuk konsumennya.

Pergerakan brand-brand lokal “bisnis kreatif” skala rumahan basicly masih mengandalkan kekuatan komunitas (community engagement), dimana mereka tidak bisa bergerak sendiri karena membutuhkan komunitas lainnya untuk bertahan bahkan berkembang”.

Jujur saja saya bukan termasuk orang yang selalu menantikan event Trademark ini namun jika ada kesempatan pasti saya akan datang. Nah di kedatangan saya dalam 2 event trademark sebelumnya masih bisa saya temukan beberapa tenant yang belum memiliki independent store (kalaupun ada biasanya masih menyatu dengan rumah). Mayoritas masih menggunakan media online (Social Media, Blog, Website, etc) sebagai channel promosi & penjualan, termasuk di dalamnya berinteraksi dengan konsumen.

                Diluar adanya event Trademark saya kira di beberapa kota besar salah satunya kota Bandung terdapat banyak enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif, namun permasalahannya adalah beberapa dari mereka masih belum terexpose dengan sempurna oleh konsumen. Dan menurut pendapat pribadi saya semua kembali pada permasalahan yang biasanya faktor financial sehingga ruang promosi & pemasaran mereka terbatas, dengan demikian untuk mengatasi hal tersebut jika tidak mengandalkan kekuatan komunitas mereka akan mengandalkan peran dari media online (Social Media, Blog, Website, etc) untuk tetap bertahan (eksis).

Menurut saya para enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif ini membutuhkan sebuah solusi dalam hal ini sebuah media bagi mereka untuk mendapatkan kesempatan muncul kepermukaan, dan Trademark telan menjadi solusi tersebut”.

Trademark tidak hanya berhasil mengumpulkan para enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif dalam satu wadah “dalam hal ini activation”, namun juga berhasil mengajak konsumen untuk datang berpartisipasi kedalam acara tersebut sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dari industri bisnis kreatif skala lokal sebagaimana apa yang di kampanyekan Trademark “Support Your Local Brand”.

 “Saya kira konsumen (Target Market) dari industri bisnis kreatif biasanya merupakan orang-orang yang memang memiliki interest & needs terhadap barang-barang atau produk yang sifatnya unik, kreatif, dan terbatas (limited) tidak hanya harga yang pas bagi mereka (affordable) dan memiliki nilai manfaat (useable). Trademark berhasil tidak hanya berhasil mendatangkan mereka namun juga berhasil mengkonversi new costumer dengan menampilkan para enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif tersebut ke permukaan”.

                Berdasarkan beberapa pembahasan tadi sedikitnya saya bisa menyimpulkan kenapa Trademark memiliki peluang untuk mengangkat para enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif dalam skala lokal (rumahan) menjadi skala yang lebih global (industri), berikut ini alasannya :
  1. 1.       Stimulate & Encouragement

Trademark selain menjadi media Encouragement bagi para pelaku bisnis kreatif saya kira juga menjadi sebuah tantangan Stimulate bagi para calon Enterpreneur yang sudah memiliki rencana nyemplung ke industri bisnis kreatif untuk segera merealisasikan keinginannya tersebut.
  1. 2.       Open Chance To Growth

Trademark membuka  kesempatan bagi para enterpreneur atau pelaku bisnis kreatif untuk bisa lebih berkembang, karena melalui event ini mereka secara tidak langsung dituntut untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen. “good quality not based on what their offer “concept & product” but also how “services & information”.
  1. 3.       Community Engagement

Trademark juga merupakan sebuah media komunikasi tidak hanya diantara para pelaku bisnis kreatif, namun juga dengan konsumen. Event ini merupakan sebuah peluang untuk membangun dan menjalankan konsep sebenarnya dari Community Engagement.
  1. 4.       Media Exposure

Trademark membuka peluang bagi para pelaku bisnis kreatif untuk muncul kepermukaan tidak sebatas mempromosikan bisnis dan produk mereka, namun juga muncul kepermukaan sebagai sebuah kesatuan dari bisnis kreatif lokal yang selama ini masih belum mendapatkan exposure khusus dari konsumen yang cenderung teralihkan oleh brand-brand dengan yang secara agresif bermunculan di berbagai media dengan dukungan financial yang kuat.
  1. 5.       Support Your Local Brand

Secara tidak langsung Trademark saya kira merupakan sebuah public campaign khususnya bagi para konsumen ini menjadi sebuah ajakan untuk lebih peduli (aware) akan produk lokal (Support Your Local Brand). (dira.illanoor – 27.04.12)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar