JUALAN DESIGN ALA SRIBU.COM "Cara Baru Jualan Design"


*sumber gambar : sribu.com

               Dunia online nampaknya selalu saja memberi kita kejutan salah satunya dalam konteks peluang bisnis, bener nggak sih? adalah sribu.com yang ditemukan oleh Ryan Gondokusumo pada pertengahan tahun 2011 bagi saya pribadi menjadi sebuah terobosan bisnis yang sangat briliant melalui media online. Mungkin jika sebelumnya individu atau sebuah perusahaan memiliki kebutuhan akan design mereka diharuskan mengharuskan menggunakan jasa dari pihak ketiga yang dalam hal ini biasanya adalah agency atau professional designer, kini sribu.com muncul sebagai solusi baru untuk menjawab kebutuhan mereka akan design.

            Kalo saya amati sekilas mengenai sribu.com sebenarnya konsep bisnisnya sangat sederhana dimana sribu.com menjadi sebuah wadah bagi 11480 designer freelance  yang bisa ikut serta berkontribusi memberikan hasil karya designnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari klien.

Mengenai sistem kerjasama antara sribu.com dan designer freelance sekilas saya simpulkan lebih pada request (brief) by project, dimana para designer freelance yang sudah mendaftar sebelumnya *(melakukan registrasi sebagai designer ke sribu.com) bisa ikut berkontribusi mengirimkan hasil karya designnya sesuai dengan brief dari klien *(dengan memilih beberapa brief yang masuk dari klien). Nah designer yang berpartisipasi mengirimkan hasil designnya, tinggal menunggu keputusan klien yang memilih satu design dari ratusan design hasil karya designer yang berpartisipasi. Bagi designer yang terpilih hasil karyanya, apa yang mereka dapatkan? mereka mendapatkan 80% dari total nilai jual, sedangkan sribu.com mendapatkan jatah 20% sebagai komisi.

Sribu.com juga menawarkan mekanisme pemesanan yang mudah, dimana klien pertamakali diharuskan untuk melakukan pendaftaran *(melakukan registrasi sebagai klien sribu.com) untuk selanjutnya memilih kategori design yang dibutuhkan *(jenis design yang dibutuhkan, harga, etc), lalu menuliskan brief design yang diinginkan oleh klien. Setelah di submit klien tinggal menunggu selama 7 hari, dimana selama jangka waktu tersebut para designer sribu.com yang berpartisipasi diberikan waktu mengerjakan brief design yang dibutuhkan klien. Tahap terakhir adalah klien tinggal memilih satu dari ratusan design yang dikirimkan oleh para designer sribu.com yang berpartisipasi.

Dalam perspektif pribadi saya kira sribu.com ingin diposisikan (Positioning) sebagai sebuah solusi bagi klien yang membutuhkan kebutuhan design yang murah, cepat, dan sesuai dengan keinginan mereka”, dimana hal ini salah satunya sribu.com memberikan range harga mulai dari 2,5 Jt hingga 10 jt, dan dalam proses kerja 7 hari klien diberikan hasil berupa ratusan design hasil karya para designer sribu.com yang bisa dipilih.

hal ini merupakan nilai lebih yang ditawarkan oleh sribu.com kepada klien, karena berbeda dengan jasa design konvensional yang biasanya satu agency atau professional designer bisa memberikan kurang lebih 3 s.d 5 alternatif design dengan cost yang besar, sribu.com ini bisa menawarkan ratusan alternatif design hasil karya designer sehingga klien bisa memiliki banyak alternatif pilihan dengan cost rendah”.

Tak kalah hebat sribu.com juga memiliki Differensiasi produk yang cukup spesifik dan lengkap, dimana klien diberikan pilihan kategori design yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka *(logo design, logo & stasionery, flyer & brochure design, T-Shirt design, calendar design, product design, mascot, interior, stationery design , website, invitation, banner adds, packaging design, naming, poster, etc).

nilai lebih lainnya dari sribu.com dimana mereka memiliki kategori produk design yang cukup spesifik dan lengkap, terlebih klien disini bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena saya kira untuk beberapa designer konvensional terkadang hanya melayani pada satu kategori produk saja (spesifik), bahkan terkadang klien ditawarkan sistem paket design *(yang biasanya include dengan beberapa kategori design) dengan cost yang cukup tinggi

Apa yang dilakukan oleh Ryan Gondokusumo dengan sribu.com merupakan ide bisnis yang sangat briliant karena selain muncul sebagai solusi yang bisa menjawab kebutuhan design yang cepat, murah, dan sesuai keingingan, sribu,com juga saya kira sudah menjadi sebuah wadah bagi para designer freelance yang belum mendapatkan tempat khusus untuk berkarya. “Menariknya disini adalah terjadi sebuah kerjasama simbiosis mutualisme dimana sribu.com mendapatkan bantuan kreatifitas para designer, sebaliknya para deisgner diberikan sebuah media untuk menjual design hasil karya mereka”.

Terobosan yang dilakukan oleh sribu.com saya kira tidak bisa dipungkiri menjadi sebuah kemajuan bagi kiprah industri bisnis design, sama seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya selain menjadi solusi baru bagi kebutuhan design sribu.com juga berhasil membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan para designer freelance “simbiosis mutualisme”. Nah namun di satu sisi para pelaku bisnis design konvensional dalam hal ini professional designer atau sebuah agency harus bersaing dengan sribu.com yang notabene didukung oleh 11480 designer, walaupun saya kira beberapa diantara mereka juga menggunakan media online sebagai channel pemasaran. Dengan adanya persaingan tersebut menurut pendapat saya bukan hal yang tidak mungkin jika lambat laun klien dari professional designer atau agency bisa berpaling terkonversi menjadi klien sribu.com dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan. (dira.illanoor 12.04.12)

Komentar

Postingan Populer